Yuk Ketahui 5 Tips Renang bagi Pemula

oleh
tips renang
tips renang

FokusMuria – Tidak hanya menjadi salah satu jenis olahraga yang bagus, berenang terkadang dipilih oleh penggemarnya karena mampu meningkatkan mood ketika berada di dalam kolam.

Mereka bahkan sekaligus pergi berlibur dan bersantai. Lantas bagaimana tips renang jika belum mahir melakukannya?

5 Tips Renang bagi Pemula

Bisa diakui memang masih banyak orang yang belum mahir berenang. Ada berbagai alasan dibaliknya, misalnya saja memiliki trauma tenggelam sehingga tidak mau mencobanya lagi.

Sebenarnya semuanya bisa melakukannya sekalipun mempunyai badan cukup gemuk. Dilansir dari desabola Berikut beberapa tipsnya:

  1. Memulai dari Kolam Dangkal

Belajar renang pertama kali tentunya harus dilakukan dari kolam dangkal. Jangan gengsi untuk melakukannya karena semua orang juga pernah berada di fase ini.

Biasakan dengan air di sekitar Anda. Hal ini dapat dilakukan seperti berjalan-jalan, merendamkan diri hingga duduk di dasar kolam.

Perlahan tapi pasti, Anda harus berusaha untuk menuju kolam dengan kedalaman yang lebih dalam lagi. Cobalah berenang di ketinggian ketiak sampai bahu. Hal ini dikarenakan banyaknya pemula masih takut berada di dalam air sehingga harus dicoba sesering mungkin.

  1. Latihan Bernafas di Dalam Air

Anda bisa mencobanya untuk masuk ke dalam kolam yang dangkal kemudian berpegangan di tepian dinding. Tariklah nafas baru kemudian meletakkan wajah ke permukaan air dan hembuskan hingga menghasilkan gelembung. Berdirilah kembali dan bernafaslah normal.

Anda bisa melakukan latihan ini sampai merasa nyaman dan tidak panik ketika berada di dalam air. Selanjutnya cobalah untuk berpindah ke kolam yang lebih tinggi lagi tanpa berpegangan tangan di pinggiran dindingnya.

  1. Belajar Mengapung

Awalnya, Anda bisa berpegangan tangan di tepian kolam terlebih dahulu. Tariklah nafas dan angkat kaki perlahan sembari badan disandarkan ke belakang. Berusahalah untuk mengapung dan jangan tegang.

Pastikan merasa rileks agar tubuh terangkat sendiri.

Langkah ini memang membutuhkan banyak percobaan namun Anda harus seringkali berlatih. Lakukan sampai bisa mengapung setidaknya 15 hingga 30 detik.

Perlahan latihan ini dilakukan dengan tanpa berpegangan tangan di pinggiran kolam sehingga membantu untuk tidak merasa panik dan takut.

  1. Menggunakan Bantuan Alat Pelampung

Anda bisa menyiapkan alat pelampung ini dan berusahalah untuk berenang sejauh satu meter. Papan dengan jenis Styrofoam noodle dianggap yang paling cocok digunakan. Jangan pakai jika digunakan pada lengan atau di pinggang karena justru dinilai lebih mengganggu daripada membantu perenang.

Posisikan papan pelampung ini tepat di depan Anda dengan posisi lengan yang diluruskan. Dorong badan untuk menjauh, caranya menjejakkan kaki. Lakukan tendangan lembut berselang seling di dalam air. Jangan lupa putar kepala ke samping agar mengambil nafas sejenak dan ambillah istirahat sejenak.

  1. Biasakan Diri untuk Menggunakan Tangan Mendayung Maju

Anda bisa membiasakan untuk menggunakan tangan mendayung maju agar mampu menambah lintasan dari sebelumnya. Caranya yakni sama dengan poin sebelumnya, namun perlu melepaskan salah satu lengan agar tidak berpegang pada papan pelampung.

Gerakkan lengan dengan pose mendayung ke air untuk kemudian mengangkat dari dalam dan mengembalikannya ke posisi semula. Lanjutkan mengganti tangan lainnya dan tetap ulangi langkah serupa. Istirahatlah sejenak agar bisa mengambil nafas dan ulangi sesuai kemampuan.

Itulah tadi tips renang yang bisa dilakukan oleh para pemula. Latihan rutin dan konsistensi menjadi kunci utama agar benar-benar mahir melakukannya. Jangan lupa juga untuk mengontrol rasa takut di dalam air karena banyak orang enggan berlatih akibat rasa panik dan trauma akan tenggelam. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.