,

Penjelasan,Waktu Puasa Dimulai Sejak

oleh
doa bulan ramadhan

fokusmuria.co.id, lifestyle – kita akan menjumpai banyak selebaran atau beberapa info agenda imsakiyah yang lengkap dengan jadwal waktu shalat.

Waktu yang sudah diputuskan dalam jadwal imsakiyah itu dapat jadi referensi kaum muslim dalam jalankan beribadah semasa Ramadhan, termasuk juga tahu kapan saat awalnya berpuasa.

Tetapi, yang masih tetap seringkali jadi pertanyaan beberapa orang ialah ‘puasa dimulai sejak dan diakhiri ketika? ‘

Imsak umumnya memiliki jarak sepuluh menit dari waktu subuh serta seringkali dipakai untuk pemberi tanda waktu usainya sahur.

Sesaat bila dirunut dari pemahaman imsak menurut bahasa, waktu imsak ialah waktu dimulainya tidak lakukan beberapa hal yang menggagalkan puasa, seperti minum dan makan.

Baca Juga :  5 Tips Puasa Saat Corona

Atau, berpantang serta mengendalikan diri dari makan, minum, serta beberapa hal yang menggagalkan puasa mulai keluar fajar sadik sampai tiba waktu buka.

Dari sini ada pandangan jika imsak jadi waktu kita mengawali puasa.

Tetapi rupanya, waktu imsak ialah waktu yang dibikin oleh beberapa ulama untuk bentuk kehati-hatian.

Jadi, saat waktu imsak tiba beberapa orang yang berpuasa semakin lebih waspada serta selekasnya bergegas mengakhiri sahurnya sebab dalam sepuluh menit kedepan akan ada azan subuh.

Baca Juga :  12 Poster Selamat hari raya Idul fitri 1441 H

Terus waktu mengawali puasa yang betul yang mana dong?

Waktu mengawali puasa diterangkan dalam Quran Surat Al Baqarah ayat 187, waktu berpuasa diawali “…benang putih dari benang hitam, yakni fajar.”

Waktu fajar di sini, merilis dari kompas.com ialah waktu fajar shadik dimana sinar putih cukup jelas yang menebar di ufuk timur yang ada sesaat sebelum matahari keluar.

Bila lihat dari pemahaman ini waktu berpuasa diawali di antara terbitnya fajar sadik serta terbitnya matahari.

Baca Juga :  Inilah, Niat Mandi Puasa Ramadhan serta Doanya

Bila dilihat kembali lagi, waktu imsak adalah waktu dimana kita berpantang serta mengendalikan diri dari makan, minum, serta beberapa hal yang menggagalkan puasa mulai keluar fajar sadik sampai tiba waktu buka.

Jadi jelas di sini jika di antara imsak serta waktu mulai subuh ialah sama. Dalam kata lain imsak tidak dikatakan sebagai pengingat atau bentuk kehati-hatian dalam jalankan puasa.

Sebab kata imsak sendiri memiliki kesamaan pemahaman dengan mengendalikan diri atau dalam bahasa arabnya shaum yang bermakna puasa. (*)

Lihat Juga Ucapan Idul Fitri

No More Posts Available.

No more pages to load.