UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

  • Whatsapp
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

fokusmuria.co.id – , UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university, Di era digital 4.0 saat ini dunia pendidikan terutamanya pendidikan tinggi berlomba jadikan universitas berbasiskan tehnologi. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang merealisasikannya. Seperti Halnya UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Hal tersebut dilaksanakan sekaligus juga untuk merealisasikan usaha perguruan tinggi itu untuk memiliki posisi ‘world class university’.

Menteri Riset, Tehnologi serta Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam pembukaan acara Rapat Kerja Nasional (Rapat kerja nasional) Kemenristekdikti 2018 lalu, telah menyinggung tenyang cyber campus. pak Mentri juga mengharap pada universitas-universitas untuk responsif pada hadapi masa digital ini.

Definisi Cyber University

Cyber University adalah bentuk usaha untuk jadikan perguruan tinggi berbasiskan tehnologi informasi, usaha itu diaplikasikan di semua lini, dari mulai skema pembelajaran, kurikulum, service, sarana, atau fasilitas serta prasarana yang lain, itu semua ditingkatkan dengan berbasiskan tehnologi.

Hal tersebut dapat disaksikan pada skema pembelajaran, seperti pemakaian power poin dalam pembelajaran atau presentasi di depan kelas, hingga presentasi di depan kelas bertambah lebih menarik serta menyenangkan.

Disamping itu, dapat kita temui pada hal yang lain seperti pengerjaan situs universitas (web). Dari sana mahasiswa dapat lihat info yang terkait dengan kampusnya. Ada pula Skema Info Akademik atau dipersingkat dengan SIAKAD. Pada skema ini mahasiswa dapat menginput KRS dengan cara online jadi bisa lakukan KRS dimana juga ada. Meskipun sedang ada di kampung halaman masih dapat menginputnya. Selain menginput KRS, mahasiswa dapat juga lihat KHS atau memeriksa presensinya.

Jurusan di Untan Pontianak

Jurusan di Untan Pontianak

Fakultas Tehnik

Fakultas Tehnik untan pontianak memiliki jurusan pendidikan dari mulai Sarjana (S1) sampai Saat Sarjana (S2). Fakultas ini pas buat kalian yang menyukai merancang suatu hal, kerja dengan mesin, mengotak-atik alat, atau menyenangi ketelitian serta keahlian tangan. Bila Kalian bercita-cita jadi arsitek, atau punya niat kerja di Kementrian Pekerjaan Umum, Fakultas Tehnik ialah pilihan yang pas.

Fakultas Kehutanan

Pulau Kalimantan memang populer dengan kekayaan hutannya. Tetapi saat ini, kekayaan hutan-hutan di Kalimantan makin terancam oleh perkembangan industri perkebunan kelapa sawit. Buat Kalian yang tertarik dengan riset serta peningkatan pengetahuan kehutanan, jadi kalian dapat kuliah di Kampus UNTAN ini dengan ambil Jurusan Kehutanan.

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian di Kampus UNTAN memiliki beberapa pilihan jurusan buat kalian yang menyenangi hubungan dengan alam, suka menjaga serta membudidayakan tanaman atau hewan. Ada tiga tahap pendidikan yang ada di kampus ini dari mulai program Diploma (D3) dengan jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan ; program Sarjana (S1) dengan pilihan jurusan: Agroteknologi Reguler serta PPAK (kelas sore), Pengetahuan serta Tehnologi Pangan, Peternakan, Manajemen Sumber Daya Perairan, Agribisnis Reguler serta PPAK (kelas sore), serta Pengetahuan Tanah ; dan program Pascasarjana (S2) dengan pilihan jurusan: Magister Agroteknologi serta Magister Manajemen Agribisnis.

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi di Kampus UNTAN Pontianak ini memiliki program Sarjana (S1) serta Magister (S2). Buat Kalian yang bercita-cita kerja di bank atau bercita-cita jadi akuntan atau auditor, Fakultas Ekonomi ialah pilihan yang baik. Ada banyak jurusan yang kalian dapat pilih untuk tahap S1, yakni: Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Islam, serta International Class. Sementara untuk tahap S2, ada Program Magister Ekonomi, Magister Manajemen, serta Magister Akuntansi.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

Fakultas MIPA adalah fakultas dengan pilihan program studi yang lumayan banyak di Kampus Universitas Tanjungpura. Buat kalian yang ambil jurusan IPA saat belajar di SMA, pas sekali untuk meneruskan pendidikan dengan kuliah di Fakultas ini. tapi jangan khawatir untuk jurusan IPS juga boleh daftar lho. Seandainya kalian senang, khususnya masalah hitungan, kuliah di Fakultas MIPA bukan hal tidak mungkin. Fakultas ini sediakan program Saat Sarjana (S2) bila nanti Kalian ertarik untuk meneruskan kuliah. Ada satu program Magister Kimia (S2) yang dapat kalian mengambil.

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum di Kampus UNTAN cuma mempunyai satu jurusan, yakni Jurusan Pengetahuan Hukum bagus untuk program Sarjana (S1) atau program Saat Sarjana (S2). Fakultas ini disiapkan buat kalian yang tertarik jadi Pengacara atau ingin memahami pekerjaan di bagian hukum. Tidak terbatas di pengadilan, pakar hukum dibutuhkan di sejumlah instansi seperti Kepolisian, Kemiliteran, Kantor Advokat, atau di perusahaan. Perusahaan yang mempunyai sisi legal konsultan tentu memerlukan alumnus Fakultas Hukum, sebab mereka yang bakal ikut serta dalam merumuskan aturan perusahaan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Kampus Universitas Tanjungpura ini memiliki pilihan program studi yang terbanyak bila dibanding dengan fakultas yang lain. Dari mulai Program Studi Ilmu Sosial, Matematika serta IPA, Bahasa serta Seni, Keolahragaan, Ilmu Kependidikan, sampai Pendidikan Dasar. Fakultas ini menyediakan jenjang Saat Sarjana buat kalian yang ingin perdalam pengetahuan yang kalian bisa di tahap Sarjana.

Untuk program Saat Sarjana (S2) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) ini, ada jurusan Tehnologi Pembelajaran, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru SD (PGSD), Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, serta Administrasi Pendidikan.

Buat Kalian yang tertarik jadi pendidik dengan beberapa pilihan disiplin pengetahuan, karena itu kalian dapat menyalurkan passion kalian pada jurusan yang ada. Kalian yang suka bermain dengan beberapa anak, tertarik menjadi pengajar PAUD, dapat pilih Jurusan Ilmu Kependidikan. Jika kalian ingin jadi pendidik tapi tidak senang dengan situasi monoton di kelas? Kalian dapat masuk Jurusan Keolahragaan yang tentu saja tidak selalu belajar teori di kelas, dan juga praktik di lapangan.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Pengetahuan Sosial serta Pengetahuan Politik di Kampus Tanjungpura ini memiliki jenjang pendidikan yang komplet dari mulai D3, S1, sampai S2. Bila kalian bercita-cita jadi seorang diplomat, kerja di Kantor Kedutaan Besar, jadi pengamat politik, atau pakar dalam bagian administrasi negara, di sini kalian dapat mengawali semua. Sama dengan Fakultas Matematika serta Pengetahuan Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik ini dapat juga dimasuki oleh alumnus SMA dari jurusan IPA atau IPS lho.

Fakultas Kedokteran (FK)

Tidak semua kampus memiliki Fakultas Kedokteran. Maka dari itu, Fakultas Kedokteran dipandang cukup berkelas. Dilihat dari nama fakultasnya, pastinya fakultas ini mempunyai tujuan untuk cetak dokter-dokter pakar yang siap berbakti untuk warga. Tidak hanya jadi dokter, Kalian yang tertarik jadi perawat atau apoteker, dianjurkan ambil jurusan ini.

Biaya Kuliah di Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Berdasar pada SK Rektor No. 1439/UN22/KU2014 mengenai pembayaran UKT, mahasiswa UNTAN dibagi ke dalam lima kumpulan sesuai tingkat pendapatan orang-tua. Contoh besarnya UKT yang dibayarkan bisa Kalian melihat di tabel berikut.

Golongan UKTPenghasilan OrangtuaEstimasi UKT
Golongan 1≤ 500.000500.000
Golongan 2500.001 – 1.000.0001 juta-an
Golongan 31.000.001 – 1. 500.0004 – 5 juta-an
Golongan 41.500.001 – 2.000.0006 – 8 juta-an
Golongan 5> 2.000.0008 – 10 juta-an

Penetapan biaya perkuliahan ini pasti tidak asal-asalan, tetapi didasarkan pada info hasil angket serta survey yang dilaksanakan semenjak awal. Serta ada sangsi tegas buat mahasiswa yang diketahui merekayasa data. Adanya seleksi yang ketat dari faksi universitas, skema bantuan silang ini akan pas target.

Nah, dari informasi di atas, kalian tinggal pilih saja ingin masuk fakultas serta jurusan mana.

Prestasi UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Untan Gapai Juara 2 Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional di Cheminer Fair 2019

Utusan Himpunan Mahasiswa Tehnik Kimia (HMTK) Fakultas Tehnik Untan a.n Nur Kholiza, Dody Susanto serta Boketa memperoleh juara 2 lomba Karya Catat Tingkat Nasional dalam pekerjaan Cheminer Fair 2019 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Tehnik Kimia (HMTK) Kampus Jambi pada tanggal 26 – 28 April 2019

Mahasiswa Untan Raih Posisi 3 IndonesiaNEXT 2018

Vivi Yunika, mahasiswi Jurusan Informatika Fakultas Tehnik Kampus Tanjungpura mendapatkan prestasi tempat nasional dengan menyapu rangking ketiga pada pagelaran IndonesiaNEXT 2018.

Vivi mahasiswa semester 2, kelahiran Pontianak 16 Juni 2000 Putri ke 3 dari Bapak Khun Cun serta Ibu Phang Siu Mi ini adalah lulusa paling baik dari SMAK Imanuel Pontianak. Vivi bersama-sama juara peraih rangking 10 besar yang lain akan berpeluang memperoleh short course di perguruan tinggi serta beberapa perusahaan profesional terkenal di Tokyo, Jepang, pada April 2019 akan datang.

Untan Raihh Juara 3 LKTI Nasional

Tiga Mahasiswa FMIPA Untan sukses meraih juara 3 LKTI Nasional yang diselenggarakan oleh Prodi Matematika Kampus (UMM) Universitas Muhammadiyah Malang.

Juara 2 Karya Tulis Ilmiah di ITB

Mahasiswa Ilmu dan Tehnologi Pangan Faperta Untan yang diwakilkan oleh Gwen Sahara Desfanny serta Dinda Chandra Anggrayni mendapatkan juara 2 karya tulisan ilmiah yang diadakan Agricultural Farming Sistem Competition AGRIFASCO 2018 dalam rangka Ketahanan Pangan Berkelanjutan di ITB Bandung pada tanggal 19-22 Januari 2018..

Untan Dipilih Ikuti Program YSEALI

Hari Razaki Akbar, Mahasiswa Kampus (Untan) dipilih ikuti program Young Southeast Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship serta akan berkuliah semasa lima minggu di Amerika Serikat.
Sesudah lewat seleksi administrasi serta interviu, Hari Razaki Besar yang penerima beasiswa program pelatihan Bahasa Inggris Access Microscholarship di UPT Bahasa Kampus Tanjungpura ini pada akhirnya dipastikan berhasil lolos serta pergi

Bukti UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Adanya Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Untuk Mahasiswa.

Universitas Tanjungpura mempunyai sistem info akademik. Ini terkait dengan mahasiswa jika ingin lakukan pengisian Kartu Gagasan Studi berdasar login akun masing-masing mereka.

Mempermudah dalam register atau pembaharuan data. Dan info pembayaran biaya kuliah.

SIAKAD membantu mahasiswa dalam memperoleh laporan hasil semester, tercantum Indeks prestasi yang dicapainya.

Bisa lihat prosentase absensi, agenda serta modul mata kuliah, dan beberapa hal yang lain tersangkut dengan kesibukan perkuliahan.

Adanya Metode E-Learning Untuk Mahasiswa UNTAN (Universitas Tanjungpura).

Dalam rangka UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, Untan menyiapkan portal e-learning atau media pembelajaran yang manfaatkan tehnologi informasi untuk aktivitas perkuliahan.

Dengan mengerjakan login pada kolom input NIM serta kata sandi, mahasiswa bisa mengikuti informasi secara update.

Adanya Portal Jurnal Ilmiah Untuk Mahasiswa UNTAN.

Kegunaan dari portal jurnal berbasiskan website daring ini menyiapkan akses pada jumlahnya jurnal ilmiah yang sempat dibikin oleh mahasiswa atau alumni Kampus UNTAN.

Fitur login pemakai NIM mahasiswa ini cukup mudah jika ada mahasiswa ingin lakukan upload dokumen jurnal kepunyaannya.

Daftar jurnal yang ada pada portal itu berisi beberapa hasil riset mahasiswa serta alumni tentang pekerjaan dahulu sempat diembannya. Ada dalam Bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia.

Penelusuran tema jurnal berdasar jurusan, judul, pengarang dan lain-lain disiapkan.

Repository Digital atau E-library Untuk Mahasiswa UNTAN.

Mahasiswa ikut terhubung repository online yang disiapkan oleh Kampus UniversitasTanjungpura.

Semua jenis buku bisa dibaca oleh mereka dimana saja serta kapan saja selagi adanya jaringan internet.

Digital library dapat mengetahui reputasi kegiatan pengunjung perpustakaan.

Banyak faedah dalam membaca buku yang ada pada perpustakaan itu, dimana proses penelusuran buku yang diharapkan bisa ditemukan dengan gampang lewat kelompok khusus.

Serta, dapat tampilkan beberapa tipe ebook berdasar input keyword serta pilihan yang lain.

Tersdianya SCMB (Seleksi Calon Mahasiswa Baru) Untuk Mahasiswa UNTAN.

Web SCMB tidak terbatas dimanfaatkan untuk mahasiswa baru saja, tetapi bisa dipakai buat mahasiswa yang ingin meneruskan program pascasarjana.

Bila sudah jadi mahasiswa tercatat, pasti tak perlu repot dalam lakukan proses register ulang sebab telah mempunyai kelengkapan data.

Lewat feature yang ada di web itu, karena itu bisa diketahui program magister apa yang sedang dibuka. Lalu lakukan pendaftaran pada halaman yang telah disiapkan.

Tetapi, jika pernah mendaftarkan awalnya mahasiswa itu cukup lakukan input e-mail serta password saja.

Pertanyaan Umum Untuk UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Pos terkait