Tahun 2025 Kab. Jepara bebas sampah.

oleh

fokusmuria.co.id, JEPARA – Jumlah bank sampah di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terus bertambah sejak diresmikan Januari 2013 lalu. sekarang, ada lebih dari 80 bank sampah yang eksis di Jepara. Program bank sampah saat ini membantu pemerintah mengurangi sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Seiring banyak jumlah bank sampah yang aktif, berarti makin besar pula manfaat yang diberikan kepada masyarakat dan lingkungan. Salah satu manfaat bank sampah bisa dilihat dalam Pameran Kreativitas Sampah yang digelar rutin di pendapa Kabupaten Jepara setiap tahun.

Baca Juga :  Status Tanggap Darurat Covid 19 di Tetapkan Pemkab Jepara

Setiap awal tahun ada berbagai produk kreasi sampah yang dipamerkan dalam acara tersebut. Pejabat DLH kab Jepara mengatakan, pameran kreativitas sampah diikuti anggota komunitas peduli sampah.

Selama ini, DLH kab. Jepara punya dua program untuk mengatasi sampah. Yakni Jejapah alias jemput sampah terpilah dan Siangsa, sistem informasi angkut sampah. Kolaborasi ini diharapkan menjadi optimalisasi pelayanan.

Baca Juga :  PNS di Lingkungan BBPBAP Jepara Bagi Ikan dan Sembako

Kepercayaan masyarakat dan hadirnya bank sampah diharapkan menjadi pilihan dan menumbuhkan kesadaran menuntaskan masalah sampah. Dengan program bank sampah ini pemerintah ingin menyadarkan masyarakat tentang sampah yang menjadi tanggung jawab besama.

Program bank sampah ini dimaksudkan agar mewujudkan Jepara bebas sampah pada 2025 mendatang. Itulah mengapa Pemkab Jepara terus menggenjot pertumbuhan bank sampah dengan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Jepara, Selasa (19 Mei 2020)

sumber : solopos.com

No More Posts Available.

No more pages to load.