Syarat penerima blt dana desa & Kriteria Penerima Blt

  • Whatsapp

fokusmuria.co.id, Nasional – dalam mengahadapi pandem corona, pemerintah mengucurkan beragam stimulus untuk menangani dampak ekonomi yang ditimbulkannya. Salah satunya dorongan itu ialah bantuan langsung tunai atau BLT.
dilangsir dari katadata.co.id, Presiden Joko Widodo sudah menyepakati penyaluran BLT Corona sebesar Rp 600 ribu buat masyarakat yang ada di luar Jabodetabe dan per keluarga serta akan diberi sepanjang tiga bulan.

selain itu Menteri Sosial Juliari Batubara selesai rapat terbatas lewat video conference mengatakan “Gagasan kami akan lakukan (penyaluran BLT) secepat-cepatnya diawali bulan ini, namun pastinya karena baru ditetapkan ini hari kami perlu untuk lakukan pengaturan terlebih dulu Dia memberikan tambahan, tidak semua masyarakat miskin di luar Jabodetabek akan memperoleh BLT itu. Karena, BLT cuma akan dikasih ke masyarakat yang belum terima bantuan sosial yang lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta Kartu Pra Kerja.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Santri di Margoyo Pati. Mulai di pulangkan Pemkab PATI

Syarat Penerima Blt Dana Desa

  1. Warga yang mendapatkan BLT harus tercatat ke dalam data terpadu milik Kementerian Sosial (Kemensos)
  2. Selain mengandalkan data Kemensos, pemerintah juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Pendataan dilakukan dari tingkat terendah, yakni desa dan kelurahan.
  3. BLT akan disalurkan bagi warga miskin yang berdomisili di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
  4. Keluarga yang disasar dalam penyaluran BLT terkait virus corona belum menerima bantuan sosial dalam bentuk lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako, serta Kartu Pra-Kerja.
Baca Juga :  Di Tengah Pandemi, Karang Taruna Gading Rahayu Pohgading Bagi Bansos

Kriteria Penerima Blt Dana Desa

  1. Luas lantai <8m2/orang
  2. Lantai tanah/bambu/kayu murah
  3. Dinding bambu/rumbia/kayu murah/tembok tanpa plester
  4. Buang air besar tanpa fasilitas/bersama orang lain
  5. Penerangan tanpa listrik
  6. Air minum dari sumur/mata air tidak terlindung/sungai/air hujan
  7. Bahan bakar kayu bakar/arang/minyak tanah
  8. Konsumsi daging/susu/ayam hanya 1 kali/minggu
  9. Satu stel pakaian setahun
  10. Makan 1-2 kali/hari
  11. Tidak sanggup berobat ke puskesmas/poliklinik
  12. Sumber penghasilan KK petani berlahan <500m2, buruh tani, buruh nelayan,buruh bangunan, buruh perkebunan, pekerjaan lain berupah < Rp 600 ribu/bulan
  13. Pendidikan KK Tidak sekolah/tidak tamat SD/tamat SD
  14. Tidak memiliki tabungan/barang mudah dijual minimal Rp 500 ribu
Baca Juga :  Dua Jamaah Tabligh Gowa, Asal Purworejo Positif Covid-19

dengan banyak sekali, syarat serta kriteria ini membuat banyak pemkab kesulitan untuk realisasi bantuan langsung tunai tersebut

Pos terkait