Syarat Domain .net.id Untuk Website Profesional Anda

oleh
Syarat Domain .net.id Untuk Website Profesional Anda
Syarat Domain .net.id Untuk Website Profesional Anda

FokusMuria – Saat membuat website, diperlukan dua elemen penting, yaitu web hosting dan domain. Jika diibaratkan, host adalah rumah untuk menaruh perabotan web seperti artikel, gambar, video, dan sebagainya. Sedangkan domain merupakan alamat dari rumah atau web tersebut.

Sebagai contoh, Facebook.com adalah alamat rumah atau domain dari website Facebook. Jika diperhatikan, setelah nama web Facebook terdapat kata lain dibelakangnya, yaitu .com. Ini adalah jenis domain yang sudah sering digunakan.

Akan tetapi, setiap website memiliki jenis domain yang berbeda. Selain .com, .net juga merupakan salah satu domain top level yang populer. Domain juga bisa berbentuk kombinasi, misalnya .net.id yang sudah umum di Indonesia.

Bila Anda ingin memiliki website dengan domain .net.id, berikut informasi syarat domain .net.id.

Mengenal Domain Indonesia .net.id

Sebelum membahas .net.id, kenali terlebih dahulu mengenai jenis domain yang terbagi menjadi dua, yaitu generic domain (gTLD) dan country-specific domain (ccTLD). Jenis yang pertama kerap disebut sebagai domain tingkat atas karena sering digunakan seperti .net, .com, .edu, dan masih banyak lagi.

Net adalah salah satu domain gTLD yang akan membuat website Anda mudah diingat dan profesional. Setiap domain generic memiliki arti yang berbeda dan dimaksudkan untuk tujuan tertentu.

Nama net merupakan sebuah singkatan dari kata Network yang digunakan untuk keperluan jaringan atau internet. Biasanya digunakan oleh para bisnis, blogger, dan lain sebagainya.

Sedangkan .id merupakan dua huruf kode domain untuk menandakan bahwa website tersebut berasal dari wilayah negara Indonesia. Ini juga bisa disebut sebagai domain second level karena sering diletakkan setelah gTDL.

Selain bentuk tunggal, ada juga domain murah kombinasi yang merupakan gabungan dari dua jenis domain. Misalnya, yaitu .net.id. Contoh domain kombinasi Indonesia lainnya yang umum digunakan adalah .go.id, .sch.id, .ponpes.id, dan lain sebagainya.

Domain .net.id diperuntukkan untuk perusahaan Indonesia yang berhubungan dengan telekomunikasi, seperti provider ISP, Seluler, layanan sistem satelit VSAT, dan lain sebagainya. Selama berkaitan dengan jaringan dan internet, Anda dapat memilihnya untuk sebagai nama domain website bisnis yang ingin Anda kembangkan.

Syarat Registrasi Domain .net.id

Apabila Anda tertarik untuk mencantumkan domain ini dalam situs web yang Anda punya, berikut syarat domain .net.id yang harus dipenuhi.

  1. Siapkan kartu identitas penanggungjawab dari pemilik seperti KTP, SIM, atau pun Paspor.
  2. Syarat kedua yaitu memperlihatkan surat izin penyelenggaraan usaha telekomunikasi dari kementerian Indonesia bidang komunikasi dan informatika. Apabila surat tersebut sedang dalam proses pembuatan, sebaiknya lampirkan keterangan pernyataan dari notaris.
  3. Jika ada, cantumkan juga Surat Kepemilikan Merek.
  4. Kemudian, buat Surat pernyataan jika menggunakan nama website yang tidak sesuai dengan nama perusahaan.

Siapkan dokumen persyaratan tersebut dan daftarkan ke salah satu web hosting yang ada di Indonesia. Jika ingin mengirimkan lewat email, sesuaikan isi subjek email misalnya “Persyaratan Domain .net.id”. Kemudian, lampirkan fie dalam format zip atau rar dengan ukuran maksimal 10 MB.

Untuk proses verifikasinya membutuhkan waktu beberapa hari karena harus disetujui terlebih dahulu oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Sebelum Anda mendaftar nama domain menjadi paten, pastikan untuk mengecek beberapa hal berikut ini dengan teliti.

Pertama, pastikan nama domain yang akan digunakan tidak bertentangan dengan Hak Merk, IPR atau pun HaKI. Kemudian, apakan penyedia hosting memberikan pelayanan refund jika domain tidak disetujui PANDI. Apabila berhasil dipatenkan, berapa lama masa berlaku yang diberikan dari penyedia hosting.

Kelebihan Menggunakan Domain .net.id

Terdapat beberapa kelebihan kenapa bisnis jaringan Anda harus menggunakan ekstensi ini. Alasan pertama adalah, tentu saja agar mudah diingat orang lain karena bentuknya lebih singkat.

Kedua, agar website mudah ditemukan. Bentuknya yang singkat membuatnya mudah dibedakan sehingga kemungkinan dipilih akan lebih besar.

Ketiga, .net.id membuat website Anda terlihat lebih berkelas dan otentik. Perusahaan Anda juga akan terhindar dari kesan abal-abal. Karena dari namanya saja orang sudah paham bahwa website berekstensi net pastinya berhubungan dengan jaringan.

Upaya pemakaian ekstensi ini akan dianggap sebagai bentuk sikap profesional dan mencerminkan bahwa brand Anda ingin memberikan yang terbaik kepada client. Sehingga orang lain akan lebih percaya dengan bisnis yang Anda tawarkan.

Kelebihan menggunakan domain .net.id yang terakhir adalah untuk meningkatkan popularitas. Makin banyak orang mempercayakan kebutuhannya pada jaringan website Anda, maka akan makin mudah menarik perhatian masyarakat lainnya.

Jika ingin meningkatkan perkembangan web bisnis jaringan, jangan ragu untuk menambahkan ekstensi gTLD dan domain tingkat kedua ini di belakang nama domain website Anda.  Karena kedua domain eksklusif tersebut bisa membuat website Anda terlihat sebagai situs terpercaya.

Pemilihan domain menjadi penting sebagai pembeda antara situs Anda dengan yang lainnya. Meskipun berbayar dan syarat domain .net.id cukup banyak, namun jangan samakan hasilnya dengan yang gratisan. Hasil yang diberikan tentu akan berbeda.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.