Selama Pandemi Covid 19 di Pati, Pemkab minta Petani Tetap Produksi

oleh
illustrasi pertanian

fokusmuria.co.id, BERITA PATI – Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mendorong beberapa petani untuk selalu berproduksi untuk jamin persediaan pangan secara terus terusan, walau sekarang suplai beras cukup sampai beberapa waktu akan datang.

“Berdasar laporan, persediaan beras di Kabupaten Pati memang cukup untuk penuhi keperluan warga sepanjang enam bulan. Tetapi tanpa produksi makanan atau bahan pangan yang berkepanjangan maka benar-benar beresiko, ” kata Wakil Bupati Pati Saiful Bijakin di antara acara video conference bersama-sama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa.

Baca Juga :  Cegah Penularan Covid Cluster Pesantren, Santri di Kajen dipulangkan

Dia menjelaskan sekarang produksi padi, produksi tepung, dan garam banyak dibuat oleh warga di Kabupaten Pati.

Walau tengah mewabah virus corona, katanya, petani masih dapat lakukan tanam padi atau ketela serta petambak masih dapat menghasilkan garam dengan menempatkan prosedur kesehatan yang benar.

Ditambah lagi, komoditas padi serta tepung jadi penyangga pangan di Jateng serta produksi garam di Pati jadi yang paling besar di propinsi ini.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Pati, Rabu (27 Mei 2020)

Dia mengaku Pemkab Pati masih konsentrasi mengakhiri penebaran virus corona, tetapi perkembangan atau pekerjaan untuk menggerakkan roda perekonomian pun tidak bisa diacuhkan.

“Sebab jika tidak ada perkembangan ekonomi maka dihadapkan pada permasalahan sosial, ” katanya.

Berkaitan perlakuan COVID-19 di daerah ini, dia minta kesadaran warga yang barusan mudik ke Pati untuk lakukan karantina mandiri yang dibarengi pengawasan dari pemerintah desa dan barisan paling bawah pada tingkat RT.

Baca Juga :  Akhir kasus leles pati, Pihak keluarga meminta maaf

“Adukan pada dinas berkaitan supaya kehadiran mereka bisa terlihat, ” paparnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.