Sekura: Daya Tarik Wisata Lampung Barat

oleh
[sekura]

Kalau di didunia barat, kita mengenal topeng halloween. Di kabupaten Lampung Barat juga bisa kita jumpai Topeng Sekura. Kegiatan budaya tradisi yang selalu digelar setiap setahun sekali bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri ini selalu dilaksanakan bergiliran dari satu kampung ke kampung lain.

Adat seni budaya Lampung tersebut pada awalnya hanya dilakoni oleh para remaja dan orang tua. Namun dalam rangka menjadikan Sekura jadi ikon atau daya tarik wisata Lampung Barat, unsur anak anakpun mulai dilibatkan, Trobosan dilakukan supaya budaya sekura terus lestari . Maka setiap bertepatan dengan hari besar tersebut selalu diadakan festival seperti topeng 2001 wajah dan sejenisnya. Untuk lebih mengenal Topeng Sekuta tersebut, situs tips wisata murah mendapati catatannya sebagai berikut.

Baca Juga :  Lomba Foto Wisata 2012 Berhadiah Puluhan Juta

Secara umum sekura dibagi menjadi dua kategori. Yang pertama disebut Sekura Betik, dan yang kedua orang setempat menamai dengan Sekura Kamak. Sekura Betik digolongkan pada yang bersih dengan pakaian rapi, sedang Sekura Kamak selalu ditokohkan dengan nuansa kotor yang diujutkan dengan kostus compang camping. Budaya tradisi yang tergolong unik tersebut, sampai sekarang masih dilestarikan di daerah Liwa, Sukau,Balik Bukit, Batu brak, dan Kenali.

Baca Juga :  Meksiko Turut Meriahkan Gelar Budaya Nusantara

Biasanya kelompok sekuraan ini akan melakukan pawai berkeliling area yang sudah ditentukan. Dan setiap kelompok selalu berada pada kelompok masing masing yang berjarak antara 5 sampai 6 meteran sepanjang jalanan yang dipadati pengunjung dari wisatawan lokal maupun dari luar. Karnaval topeng sekura terlihat meriah dengan penampilan para peserta yang memerankan berbagai karakter yang mengelitik dan kadang serem dan lucu. Cuma sayangnya tidak ada yang menggagas membuat kreasi visual topeng gambaran kopi lampung yang sudah lebih dulu terkenal. Itulah uniknya Topeng Sekura Pesta rakyat Lampug Barat yang kalau dikelola dengan baik akan jadi gaya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kesana.

No More Posts Available.

No more pages to load.