Segarnya Wedang Kolang Kaling Jahe Untuk Buka Puasa

  • Whatsapp

Sudah terkenal sejak jaman dulu, wedang kolang kaling jahe ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sesuwai sifat jahe yang mengandung protease dan lipase, yang bisa memperlancar mencerna protein dan lemak. Selain itu minyaknya juga mengandung gingerol yang berfungsi untuk pencegahan penyakit dan aroma wanginya bisa menambah nafsu makan sekaligus memperkuat otot usus hingga mudah untuk pelepasan gas metana berbelerang atau lebih sering disebut kentut.

Tidak hanya itu jahe juga mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin yang membuat badan jadi rilek dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan menyehatkan jantung, Maka menurut situs tips wisata murah, wedang kolang kaling jahe ini sangat bangus untuk sahur atau buka puasa ramadhan. Karena sehabis meminumnya, badan jadi terasa hangat dan hilang mual mual dalam perut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Wisata Kampoeng Kopi Banaran Jawa Tengah yang Lengkap

Sedang kolang kaling setiap 100 gram-nya mengandung kadar air 93,8%. Ini sangat baik untuk penetralisir hawa panas dalam tubuh selama berpuasa. Selain itu setiap bijinya memiliki protein 0,69 dan 4 gram karbohidrat. TIdak hanya itu dalam kandungan biji yang berwarna putih itu juga membawa kadar serat kasar seberat 0,95 gram., Tentu anda semua sudah bisa menganalisa betapa bermanfaanya kolang kaling untuk kesehatan. Makanya bagi sebagian masayarakat jawa. wedang kolan kaling jahe saudara kembarnya wedang ronde ini jadi andalan saat udara dingin untuk penghangat badan.

wedang kolang kaling jahe

Kalau anda berminat membuat wedang kolang kaling jahe untuk buka puasa, dibawah ini resep yang bisa anda gunakan.

Baca Juga :  Makan Lontong Sayur Lebaran Ala Nikita Mirzani.

Bahan Wedang kolang kaling jahe:

  • 5 cm jahe, dibakar, kemudian di deplok (dilumatkan)
  • 100 gram kolang- kaling, direbus, kemudian dibelah jadi 2 bagian
  • 150 gram gula merah, disisir
  • 1/8 sendok the merica bubuk
  • 2 buah cabai jawa
  • 5 cm kayu manis
  • 2 buah kapulaga
  • 1/8 sendok the garam
  • 1000 ml air

Cara Membuat Wedang kolang kaling jahe:
Selain kolang kaling, Rebuslah semua bahan sampai mendidih dan mengeluarkan bau harum, Lalu saringlah dan rebus kembali, setelah mendidih masukkan kolang kaling sampai masak. kemudian sajikan dalam keadaan hangat untuk sahur atau buka puasa, pasti segar dibadan. Kalau and kreatif tambahkan kacang dan beberapa irisan roti pasti yummy dech, apa lagi sudah tersedia juga cemilan kue kering nastar selai nanas pasti tambah mantab dech. hehe semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Minum Kopi, Bisa mencegah Kanker Usus

Pos terkait