Rumah adat Unik Honai Ini Milik Orang Wamena

  • Whatsapp

Rumah adat suku honai ini boleh dibilang sangat unik, kalau kita memasuki dalam ruangan rumah yang biasa dsebut dengan Ebai ini, tidak kita temui perabotan rumah tangga. Rumah ini ada yang bersusun dua, lantai atas untuk tidur,sedang yang bawah buat aktifitas sehari hari, dinding biasanya dibuat dari kayu, sedang atap terbuat dari jerami yang di bentuk mengerucut lancip pada bagian atas.

rumah unik
rumah unik honai

Pintu rumah ini berukuran kecil dan tidak memiliki jendela. Karena menurut penuturan hasan basri sahabat situs tips wisata murah yang berdomisili di wamena menyebutkan, “Mungkin karena dikepung pegunungan udara di sini jadi dingin” , bisa jadi mereka sengaja tidak memasang jendela untuk mengurangi gigitan udara di waktu malam.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  5 Pantai Tercantik Sepanjang Pulau Papua

Tempat tidur dirumah honai ini hanya beralas rerumputan kering. Dan mereka akan menganti dengan yang baru jika dirasa rumput itu sudah kotor atau tidak nyaman lagi di tiduri. Dan kalau kita bertamu, biasanya kita hanya disuruh duduk lesehan diatas tanah. karena disana tidak tersedia meja kursi.

Didalam rumah honai ini tidak ada listrik, orang disana cara membuat penerangan adalah dengan cara menyalakan api di tungku. Jadi selain sebagai penghangat dari udara, tungku juga berfungsi sebagai penerangan di saat gelap gulita ditengah malam.

Baca Juga :  Tifa, Uniknya Seni Budaya Suku Kamoro

Pos terkait