Ribuan Pulau Indonesia Tanpa Nama

oleh

Ribuan Pulau Indonesia Tanpa Nama. ** Tahukah anda, ribuan pulau di indonesia ini masih banyak yang tanpa nama. pertanyaan ini muncul ketika situs tips wisata murah menerbitkan artikel tentang keliling benteng portugis jepara. dalam artikel tersebut saya sebut mercusuar pulau mondoliko yang berdekatan dengan benteng portugis . Tapi anehnya pulau tersebut dalam penelusuran tidak banyak yang mengetahui keberadaanya. kemudian pertanyaan muncul ada berapa pulau yang tidak diketahui di tanah air tercinta ini. perhatikan data yang pernah diterbitkan indopedia gunadarma dibawah ini menyebutkan ada ribuan pulau di indonesia yang tidak mempunyai nama

Baca Juga :  Tips Nyaman ke Pulau Lengkuas Belitung

Update Foto
peta indonesia

Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memublikasikan sebanyak 6.127 nama pulau-pulau di Indonesia.Pada tahun 1987 Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.508, di mana 5.707 di antaranya telah memiliki nama. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), pada tahun 1992 menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia yang mencatat sebanyak 6.489 pulau bernama, termasuk 374 nama pulau di sungai. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), pada tahun 2002 berdasarkan hasil kajian citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 buah.Data Departemen Dalam Negeri pada tahun 2004 menyatakan bahwa 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tak bernamaDari sekian banyaknya pulau-pulau di Indonesia, yang berpenghuni hanya sekitar 6.000 pulau.
Tapi Hasil Survei Terbaru Jumlah Pulau Indonesia yang diterbitkan antara news menyebutkan sebagai berikut

Baca Juga :  Tempat Liburan di Negara Berkembang Asia

Hasil survei dan verifikasi terakhir Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diketahui bahwa Indonesia hanya memiliki sekitar 13.000 pulau yang menyebar dari Sabang hingga Merauke.

“Total pulau kita hanya 13.000, itu berdasarkan survei terakhir kita,” kata Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K), Sudirman Saad, saat berkunjung ke ANTARA News di Jakarta.

selengkapnya bisa anda di kunjungi di http://www.antaranews.com/berita/1282043158/hasil-survei-terbaru-jumlah-pulau-indonesia

Dan liat juga hasil penelusuran sebelumnya yang dilakukan indopedia gunadarma di
http://www.indopedia.gunadarma.ac.id/content/25/402/id/pulau-di-indonesia.html

No More Posts Available.

No more pages to load.