Rencana Kenaikan BBM 2013

oleh

Margoyoso Update- Rudi Rubiandini wakil Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) mengatakan, pemerintah berencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubisi sekitar Rp 1500 menjadi Rp6.000-6.500 per liter di 2013. Menurut Rudi, kenaikan itu untuk menutupi tambahan subsidi BBM yang setiap tahunnya selalu membengkak. Pada tahun ini saja, tambahan subsidi sudah dilakukan kedua kalinya. 

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak terelakkan pada 2013.  Situasi ekonomi dunia yang belum menentu dan kebutuhan pembangunan infrastruktur dalam negeri, perlu direspons dengan penurunan biaya subsidi BBM. Untuk mendorong akselerasi pembangunan infrastruktur dan sejumlah sektor vital di Tanah Air, harga BBM bersubsidi sebaiknya dinaikkan hingga mendekati harga pasar. 

Kompensasi kenaikan harga BBM bagi rakyat miskin dan hampir miskin, bisa diberikan secara langsung berupa bahan pangan dan bantuan lainnya.

dengan kenaikan bertahap, Rudi berharap masyarakat tidak terlalu terbebani, bila dibandingkan dengan kenaikan setahap. Kenaikan ini dinilai dapat menghemat anggaran hingga Rp48 triliun.

Rudi menambahkan, nantinya Kementerian ESDM akan merekomendasikan usulan kenaikan harga BBM bersubsidi ke Kementerian Keuangan untuk dikaji lebih lanjut. Pembahasan kenaikan harga BBM bersubsidi untuk 2013 tidak lagi melalui persetujuan badan legislatif, melainkan pertimbangan Kemenkeu berdasarkan kondisi keekonomian. 

Baca Juga :  Selang Bensin Bocor, Sawiijne Mobil Entek Kobong

No More Posts Available.

No more pages to load.