Puasa 6 Hari Setelah Tanggal 1 Syawal

oleh
puasa 6 hari dibulan syawal

fokusmuria.co.id, lebaran 2020 – Sesudah jalankan beribadah puasa Ramadhan, umat Islam di penjuru dunia akan rayakan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal. Seperti bulan Ramadhan, ada banyak amalan beribadah yang dapat kalian kerjakan di bulan Syawal. Diantaranya yaitu puasa Syawal.

baca juga : ketupat lebaran

Puasa yang disunahkan ini tidak sama dengan puasa di bulan Ramadhan. Puasa syawal cuma disunahkan untuk dilaksanakan semasa enam hari saja. Umat Islam dikasih waktu semasa sebulan. Namun, kalian baru bisa berpuasa sesudah hari Raya Idul Fitri berjalan.

Lalu apa keutamaan puasa 6 hadi dibulan syawal? Dikutip dari beberapa sumber, berikut keutamaan puasa syawal komplet dengan kemauan serta langkah melakukannya.

puasa 6 hari dibulan syawal

Apa keutamaan Puasa 6 hari dibulan syawal ?

Setara Puasa Satu Tahun

Merilis dari Brilio.net, seorang yang lakukan puasa Syawal dimisalkan seperti berpuasa semasa setahun. Keutamaan ini diterangkan dalam satu hadits kisah Muslim nomor 1164,

Baca Juga :  Begini,Cara Bikin Kartu Ucapan Idul Fitri Online

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan selanjutnya berpuasa enam hari di bulan Syawal, karena itu ia berpuasa seperti satu tahun penuh.”

Hadits itu datang dari Abu Ayyub Al Anshori, saat ia pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW.

Menyempurnakan Ibadah

Keutamaan puasa syawal setelah itu yaitu menyempurnakan beribadah. Seperti beribadah salat sunnah, dimana aksi itu dapat tutup kekurangan serta menyempurnakan beribadah harus. Terutamanya kekurangan yang ada semasa bulan Ramadhan.

Ibnu Rajab menerangkan keutamaan puasa Syawal seperti berikut:

“Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barangsiapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barangsiapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan.” (Latho-if Al Ma’arif, hal. 394.)

Baca Juga :  Bacaan Niat Sholat Idul Fitri 2020 Lengkap

Tanda Diterimanya Amalan Puasa Ramadhan

Selanjutnya, isyarat diterimanya amalan puasa Ramadhan jadi keutamaan puasa Syawal. Disebutkan jika Allah SWT terima amalan seorang, karena itu Ia akan menunjuki pada amalan setelah itu.

Bila Allah SWT terima amalan puasa Ramadhan, karena itu Ia akan menunjuki amalan yang lain. Salah satunya ialah puasa Syawal enam hari.

Ganjaran 10 Kali Lipat

Jalani puasa Syawal enam hari bisa membuat kalian dikasih ganjaran berbentuk pahala sepuluh kali lipat. Ini sudah diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub yang mengeluarkan bunyi,

“Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas ‘Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.”

Mendapat Pertolongan Rasulullah

Baca Juga :  5 Makanan khas lebaran idul fitri sederhana tapi mewah

Keutamaan puasa Syawal selanjutnya yaitu memperoleh pertolongan dari Rasulullah SAW. Orang yang jalankan sunnah puasa Syawal, disebutkan akan memperoleh pertolongan atau syafaat dari Rasulullah SAW. Karena, orang yang berpuasa Syawal telah hidupkan sunnah yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam hadits riwayat At Tirmidzi menyebutkan,

“siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga.”

Tanda Peningkatan Iman

Paling akhir, keutamaan puasa syawal sebagai sinyal kenaikan iman. Orang yang berpuasa Syawal dapat disebutkan jika imannya untuk seorang muslim atau muslimah sudah bertambah. Karenanya lah, bulan ini diketahui untuk bulan Syawal yang mempunyai makna bulan kenaikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.