Protokol Kesehatan Pabrik dan Perusahaan di Semarang Diperketat

  • Whatsapp

fokusmuria.co.id, SEMARANG – Wali kota Semarang Hendrar Prihadi menginstruksikan perusahaan dan pabrik menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal tersebut disampaikan wali kota yang akrab di sapa Hendi sewaktu mengumpulkan Ketua APINDO, KADIN, HIPMI, PT. Pelabuhan Indonesia Regional Jawa Tengah, 9 pengelola kawasan industri, KSOP Pelabuhan Tanjung Emas, Kamis (9/7/2020) di Ruang Lokakrida Gedung Moch Ichsan Balaikota.

Guna memastikan protokol kesehatan dilaksanakan di perusahaan-perusahaan, pihaknya akan menempatkan petugas gabungan untuk rutin melakukan patroli di perusahaan dan pabrik di Kota Semarang.

Hal ini mengingat klaster baru yang muncul kemudian menambah angka kasus positif di Kota Semarang yaitu dari klaster perusahaan.

Lebih rinci Hendi menerangkan, pihaknya selama ini sudah menempatkan petugas patroli yang merupakan gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Pemerintah kota Semarang.

Baca Juga :  Awal Puasa,61 Pasien Positif Covid 19 Jateng Sembuh.

Petugas gabungan sebelumnya dipusatkan bertugas di dua titik. Pertama melakukan patroli di kecamatan, kelurahan dan wilayah kota dan yang kedua bertugas di pos penjagaan delapan titik perbatasan Kota Semarang.

“Kita selama ini telah melaksanakan patroli yang merupakan gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Kota Semarang. Pertama melakukan Patroli di kecamatan, kecamatan dan wilayah kota. Kedua, menempatkan pos penjagaan di delapan titik perbatasan kota semarang, urai Hendi.

Wali kota juga menerangkan jika dalam waktu dekat, personil yang ditugaskan di pos perbatasan akan dialihkan untuk melakukan patroli di kawasan perusahaan dan pabrik di Kota Semarang dan bertugas melakukan patroli khusus memantau SOP kesehatan di perusahaan-perusahaan dan pabrik-pabrik di Kota Semarang.

Baca Juga :  39 Orang Covid-19 di Jawa Tengah Sembuh

Hendi ingin adanya upaya bergerak bersama dari pihak perusahaan dan Pemerintah. Perusahaan menegakkan SOP protokol kesehatan seperti penyemprotan disinfektan, sementara Pemerintah Kota Semarang akan mensupport patroli guna mengingatkan.

“Agendakan setiap hari ada penyemprotan disinfektan, kemudian dari pemkot akan melakukan patroli di kawasan industri untuk mengingatkan tentang SOP kesehatan,” tegas Hendi.

Tidak menunggu lama, Hendi pun menegaskan jika patroli tersebut mulai dilaksanakan hari ini (kemarin). “Dan ini sudah berlaku mulai hari ini (9/7/2020), karena kemarin kita sudah koordinasi dengan segenap Forkompinda dengan jajaran Polsek, Danramil, teman-teman Camat dan Lurah,” pungkas Hendi.

Pos terkait