5 Tempat, Pondok Pesantren di Pati yang terkenal

  • Whatsapp
pondok pesantren di pati
pondok pesantren di pati

fokusmuria.co.id, PATI – bagi kalian yang sebentar kagi lulus sekolah MI atau MTs bahkan sampai yang sudah lulus MA. jangan kuatir untuk terus belajar apalagi di kota Pati ini selain terkenal wisata pati nya, tempat ini juga terkenal dengan nuansa pondok pesantrennya

berikut ini 5 Tempat Pondok Pesantren yang menurut admin, cocok untuk tingkat melanjutkan jenjang seterusnya..

Bacaan Lainnya

Pondok pesantren ypru guyangan

Pondok pesantren ypru guyangan

Nama : Pondok Pesantren Raudlatul Ulum
Alamat : Guyangan, Trangkil, Pati, Jawa Tengah
Telp : 0295-471701, 453235
Web site : https://ypruguyangan.com
Pendiri : KH. Suyuthi Abdul Qadir
Tahun Berdiri : 1950
Pengasuh : KH M. Najib Suyuthi

Alamat: Guyangan, Trangkil, Pati Regency, Central Java 59153
Telepon: (0295) 471701

Pondok pesantren salafiyah kajen pati

pondok pesantren salafiyah kajen

Sejarah Pondok Pesantren Salafiyah Kajen

sekitar tahun 1900 bentuk pesantren di Kajen mulai berbentuk klasikal atau dapat dikata mulai tertata rapi meski belum berwujud madrasah/sekolah. Yaitu KH. Nawawi putra KH. Abdullah yang memprakarsai berdirinya Pondok Kulon Banon yang dikemudian hari bernama Taman Pendidikan Islam Indonesia (TPII). Selama dua tahun di susul oleh KH. Siroj, putra KH Ishaq juga mendirikan Pondok Wetan Banon yang dikemudia hari bernama Salafiyah.

Alamat Pondok Pesantren Salafiyah kajen

Jalan KH Ahmad Mutamakkkin Km. 1, Desa Kajen, RT. 4 / RW. 1, Margoyoso, Kajen, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154
Telepon: (0295) 4150750
Provinsi: Jawa Tengah

Pondok Pesantren raudlatul falah pati

Pondok Pesantren raudlatul falah pati

Sejarah Pondok Pesantren Anak Roudlotul Falah bermi

Adapun secara geografis lokasi Pondok Pesantren Anak-anak Tahfidzul Qur’an Raudlatul Falah Bermi, Gembong Pati terletak di suatu daerah yang strategis, sangat tepat digunakansebagai tempat belajar menghafal Al-Qur’an dan mengembangkan pendidikan formal. Hal ini dikarenakan letaknya jauh dari keramaian kota, tepatnya di jl. Pondok Thoriqoh 300 m, Desa Bermi Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah.

Saat tahun pertama Pondok Pesantren hanya mendapatkan murid baru 6 orang santri, dan santri tersebut baru berasal dari daerah sekitarnya. Setahun selanjutnya kemudian santrinya bertambah menjadi 16 orang dan pada tahun berikutnya 2011 yaitu jumlah santrinya bertambah menjadi 50 orang, sampai sekarang jumlah santri menjadi 150 orang.

PPATQ RF berkembang sangat pesat selain dorongan dari lingkungan untuk mendirikan Pesantren tempatnya juga sangat strategis karena jauh dari perkotaan sehingga memudahkan proses menghafal Al-Qur’an.

Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Falah

KH Ahmad Djaelani, AH, M.Si

TK Islam Raudlatul Falah

MI Tahfidzul Qur an Raudlatul Falah

SMP Raudlatul Falah

SMA Raudlatul Falah

SMK Tiara

Pondok Pesantren Muwahidun pati

Profil Ponpes Muwahidun Pati

Pesantren ini Muwahidun sebenarnya sudah di rintis sejak tahun 1976 M, oleh seorang KH Abdul Wahid Hasyim hafadlohulloh, namun pada waktu itu masih berbentuk PGA 6 tahun, setelah berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, dan sistem pendidikannya belum merupakan pondok pesantren. Baru pada tahun 2003 M, beliau yang merupakan salah satu murid Syaikh Abdul Muhith rohimahulloh, mendirikan pondok pesantren terpadu dengan sisitem pendidikan pesantren dan sekolah.

Pendirian Ponpes Muwahidun di latar belakangi oleh upaya merintis kader ulama memiliki wawasan luas serta sebagai upaya untuk membentengi generasi penerus dakwah ini dari berbagai pemahaman Islam yang cenderung sekuler, liberal dan mengesampingkan pemahaman Islam sebagaimana yang di lakukan oleh ulama` salaf

dengan dasar itulah maka KH.Abdul Wahid Hasyim hafadlohulloh melalui pondok pesantrennya Muwahidun membekali para santrinya dengan Al qur`an dan Sunnah, serta dengan berbagai disiplin ilmu untuk memahaminya seperti Nahwu, shorof, ,ushul fiqih, ushul hadits, dan lainnya. serta untuk menunjang hal tersebut maka sebagai bahasa resmi di pondok pesantren ini adalah menggunakan bahasa Arab.

Pondok Pesantren al anwariyah

Sejarah

MA Darussalam merupakan salah satu lembaga dari yayasan al anwariyah yang didirikan berdasarkan alih fungsi dari Madrasah Diniyyah Riyadlotus Syuban dengan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No: C-299 HT.01.02.TH.2006 pada tanggal 6 Februari 2006. Dengan demikian sejarah MA Darussalam tidak bisa dipisahkan dari sejarahMadrasah Diniyyah Riyadlotus Syubban yang merupakan salah satu Madin tertua di desa Bermi Kecamatan gembong.

Yayasan Al Anwariyah yang bertempat di Desa Bermi Kec. Gembong Kab. Pati, di mana yayasan tersebut menaungi 3 lembaga yakni TK Azzahra, MTs darussalam dan MA darussalam, yang semakin tahun ketahun mencoba memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan serta masyarakat sekitar, ini bisa dilihat dari antusian masyarakat lokal yang menyekolahan anak-anak mereka kelembaga tersebut.

Dalam perkembangannya Yayasan al anwariyah berkontribusi dalam ranah pendidikan.

Ekstrakurikuler

4 Keunikan Peringatan 17 Agustus 2019, HUT RI Ke-74

Tahfidzul Qur’an
Kajian Kitab kuning
Tahlil
Imamah
Khitobah
Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
Life Skill
Komputer
Pramuka
Kursus B. Arab dan B. Inggris
Ketrampilan Hidup dan Wirausaha

Alamat MA darussalam

Nama : Ma’had Darussalam
Alamat : Bermi, Gembong, Pati, Jawa Tengah
Telp : 081 575 50 80 30
Web site : https://mads.sch.id https://al-anwariyah.or.id
Pendiri : Moh Adnan, S.Pd.I
Tahun Berdiri : 2006
Pengasuh : Moh Adnan, S.Pd.I

Pos terkait