contoh pidato kemerdekaan untuk anak smp singkat

  • Whatsapp
pidato kemerdekaan untuk anak smp

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 2 Candi, Drs. H. Kayis, M.Pd.

Bapak/Ibu guru serta para tamu undangan.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah berkenan memberikan kita rahmatnya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara peringatan hari kemerdekaan ini tanpa ada satu halangan apapun.

Dalam suasana hari kemerdekaan Indonesia ini, saya ingin menggelorakan semangat kemerdekaan Indonesia yang saya rasa sudah terkikis terlalu banyak di jiwa para pemuda Indonesia.

Baca Juga : Puisi Hari Kemerdekaan

Kita seluruh bangsa Indonesia masih ingat betapa hebatnya perjuangan-perjuangan pahlawan kita dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Baca Juga :  10+ Gambar tema kemerdekaan yang mudah

Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat menghargai jasa pahlawan-pahlawan. Tetapi yang lebih penting lagi pada saat ini ialah mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita, semua orang dan tentunya bagi bangsa Indonesia sendiri.

Marilah kita teruskan semangat para pahlawan kita itu dengan semangat patriotisme dan nasionalisme. Apakah artinya merdeka jika hidup bertambah sengsara dan bukan bertambah sejahtera. Kita berusaha tetapi Tuhan yang menentukan. Tetapi ingat saudara-saudara… Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang jika manusia sendiri tidak mau berusaha mengubahnya.

Kemerdekaan yang kita peroleh juga merupakan rahmat dari Tuhan. Tetapi jangan diharap Tuhan memberikan semua apa yang kita cita-citakan atau kita inginkan jika kita sendiri tidak mau mengusahakannya.

Baca Juga :  20+ Spanduk Kemerdekaan RI ke 75

Baca Juga : Gambar Tema Kemerdekaan

Sekali lagi, marilah peringatan hari kemerdekaan kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan yang harus kita wujudkan sebagai semangat patriotisme dan nasionalisme untuk mengisi kemerdekaan ini.

Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika ada salah-salah kata saya mohon maaf.

Akhirnya marilah berdoa dan berjuang, Tuhan bersama kita, MERDEKA…!!!

Terima kasih dan Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pos terkait