Perayaan Unik Menyambut Tahun Baru 2013 di Berbagai Dunia

  • Whatsapp

MargoyosoUpdate.com – Tahun 2012 sudah berada di penghujung Desember, dan akan berganti tahun, masuk ke 2013. Tentunya akan menjadi moment khusus bagi tiap-tiap orang, dan umum bagi masyarakat di seluruh belahan dunia. Ritual atau perayaan pergantian tahun lazim dilakukan di setiap negara, tentunya dengan kebiasaan yang berbeda-beda, walau saat ini kembang api telah menjadi bagian inti dan benang merah perayaan pergantian tahun di seluruh dunia.
Berikut ini adalah perayaan-perayaan pergantian tahun yang cukup unik dan khas di beberapa negara.

1. Filipina. Masyarakat filipina melakukan cara yang unik agar di tahun berikutnya rezeki mereka lebih berlimpah, diantaranya adalah dengan mengenakan kaos atau baju polkadot di malam pergantian tahun, selain itu mereka biasanya menaruh koin-koin di dalam sebuah panci, lalu mengguncang-guncangkannya sambil berjalan ke seluruh ruangan rumah dan pekarangan.
2. Brazilia. Masyarakat Brazil memiliki tradisi yang unik dalam merayakan Tahun Baru, Pada tanggal 1 Januari mereka mengenakan pakaian berwarna putih dan berbondong bondong menuju ke laut, Kemudian di sana mereka menaburkan bunga dan mengubur mangga, papaya, anda semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap Lamanja Dewa Laut yang paling terkenal di sana.
3. Yunani. Delima adalah buah yang melambangkan kesuburan dan kesuksesan, masyarakat Yunani percaya bahwa disaat pergantian tahun, menebar biji delima di sekitar rumah dan perkantoran bisa menambah rezeki di tahun baru ini.
4. Italia. Berhati hatilah jika berjalan jalan di Naples, sebuah kota kecil di Italia, pada pukul 00.00 tanggal 31 December. Pada saat itu, ada tradisi melempar barang barang yang tidak terpakai lagi melalui jendela. Tradisi perayaan tahun Baru memiliki makna melupakan hal hal buruk yang terjadi masa lalu dan bersiap-siap memasuki tahun yang baru. Jadi, jangan heran jika pagi harinya kita melihat begitu banyak paralatan masak, kulkas, dan barang-barang rongsokan lainnya tersebar di jalan-jalan kota.
5. Equador. Equador memiliki tradisi yang unik dalam merayakan Tahun Baru. Salah satunya adalah ’Tradisi Janda Menangis’. Seorang laki-laki yang bergaya sebagai seorang perempuan harus membuat sebanyak mungkin orang tertawa hingga menangis karena ulah konyolnya.
Sebagai imbalan, orang orang memberikan uang sekadarnya kepada perempuan jadi-jadian itu. Tradisi unik, lainnya adalah membuat orang orangan jerami tokoh tokoh yang tidak disukai. Selepas tengah malam, boneka-boneka tersebut dibakar yang melambangkan terhapusnya tahun yang lalu dan datangnya tahun yang baru.
Selain itu, di beberapa negara seperti Spanyol, Inggris, Italia, Filipina, Equador, dan beberapa negara lainnya, di detik-detik menjelang pergantian tahun, mereka memakan buah angur yang berjumlah 12, perlambang bulan dan harapannya. Anggur sendiri juga disimbolkan sebagai buah yang membawa keberkahan. Masih banyak cara unik lainnya, namun kasakusuk mengambil sampel dari beberapa perayaan pergantian tahun di beberapa negara di dunia.

Baca Juga :  Gandrung Sastra Margoyoso

Pos terkait