Pelantikan Kades Kudus di gelar Sederhana

  • Whatsapp

fokusmuria.co.id, KUDUS – Pelantikan kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa serentak di Kudus akan digelar, Selasa (17/12) besok. Pelantikan akan digelar sederhana, karena dari pemerintah Kabupaten Kudus tidak memiliki anggaran untuk pelantikan kepala desa di 116 desa.

Pelantikan akan digelar seadanya di pendapa Kabupaten Kudus

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto mengatakan, bahwa pelantikan kepala desa akan digelar 17 Desember 2019. Dirinya mengakui bahwa dari Pemkab tidak memiliki anggaran untuk pelantikan kepala desa.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Pemkab Kudus upayakan Tenaga Pengajar dapat pengakuan dari Pusat

“Tidak ada anggaran. Nantinya pelaksanaan pelantikan akan digelar di Pendapa Kabupaten Kudus dengan seadanya,” kata dia, Senin (16/12).

Dirinya juga memastikan tidak ada iuran dari kepala desa terpilih untuk pelantikan tersebut. Iuran itu hanya sebagai wacana saja. Dalam kenyataanya, dirinya memastikan tidak ada iuran dari kepala desa.

“Kemarin tidak ada. Iuran juga tidak ada,” jelasnya.

Baca Juga :  Dugaan Korupsi Dana Desa di Tergo Kudus Tunggu Audit BPK

Dua desa dijabat seorang PJ yang berasal dari ASN

Lanjut dia, dalam pelantikan nantinya akan ada sebanyak 116 kepala desa terpilih yang akan dilantik. Itu juga termasuk dari dua pejabat (PJ) di dua desa.

“Kades terpilih dan Pj di Undaan Lor dan di Ternadi akan dilantik bareng di pendapa,” ujarnya.

Untuk lebih rinci, kepala desa yang merupakan kepala desa incumbent ada sebanyak 48 petahana. Sedangkan ada sebanyak 66 kepala desa merupakan kepala desa baru.

Baca Juga :  Rp. 1,14 Miliar Dana Desa buat Bangun GOR di Tlogorejo Pati

“Sedangkan dua desa Ternadi dan Undaan Lor ini kepala desa dijabat oleh PJ,” ungkapnya.

Kades termuda di Kudus berusia 25 tahun

Sementara untuk kades terpilih termuda berusia, 25 tahun yakni kades Desa Wates kecamatan Undaan. Sedangkan Kades Tertua yakni Kades Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo.

Direncanakan,kadesa terpilih akan dilantik oleh Plt Bupati Kudus. Rencananya juga keluarga kepala desa hingga panitia pilkades akan hadir pada pelantikan tersebut.

Pos terkait