Pedaftaran Kartu Prakerja di Pati Buka Pekan Depan

oleh
dok. tribun jateng

fokusmuria.co.id,BERITA PATI – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sudah mencatat masyarakat Pati yang terpengaruh (PHK) Pemutusan Hubungan Kerja pada kondisi darurat Virus Corona. Mereka datang dari beberapa bidang. Beberapa adalah pekerja yang kerja di perusahaan atau pabrik di Pati serta beberapa yang lain pekerja asli Pati yang kerja di luar wilayah serta di PHK lalu pulang pada kondisi jobless.

menurut Tri Haryama selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati di langsir dari situs radarkudus.com menerangkan, petugas mulai mencatat pekerja yang terpengaruh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebab dampak dari virus corona ini. Berdasar pada data sementara yang dilakukan, ada 50 lebih pekerja yang di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Banyak perusahaan mulai sempoyongan memberi upah pada pekerja sebab produktivitas turun serta ada yang sesaat tutup.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Pati, Sabtu (11 April 2020)

“Petugas sekarang masih mencatat. Jumlah dapat makin bertambah. Tidak hanya terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), ada pekerja yang dirumahkan sesaat jumlah semakin banyak, pekerja migran dipulangkan serta ada yang dipulangkan sebab beberapa negara menetapkan lockdown serta tutup penerbangan, “

Dia memberikan tambahan, tidak hanya memberlakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), beberapa perusahaan resmi serta non resmi pilih untuk efisiensi jam karyawannya. Seperti kerja cuma 3 hari dalam satu pekan. Dengan demikian, karyawan dapat terus kerja serta perusahaan berkaitan masih dapat bayar upah karyawan walau tidak utuh seperti awalnya kerja full satu minggu.

Baca Juga :  Oknum RT di winong pati Cabuli Anak Usia 5 Tahun.

“Dengan keadaan semacam ini kami menyerahkan seutuhnya pada perusahaan Tetapi pemerintah sudah memberi jalan keluarnya yaitu pekerja dapat mendaftarkan kartu prakerja. Pendaftarannya dapat lewat online. Di web prakerja itu ada formulir yang dapat diisi dari mulai jati diri, e-mail, sampai bukti lampiran surat PHK dari perusahaan awalnya, ” sambungnya.

Menurut dia kartu prakerja itu mulai dibuka minggu ini. Yang dibolehkan mendaftarkan masyarakat yang umurnya di atas 18 tahun. Ketentuannya pekerja yang terserang PHK, pekerja dirumahkan, pelacak kerja, pekerja migran yang dipulangkan, sampai pekerja migran yang gagal pergi lantaran efek covid-19. Pemerintah yang akan mengonfirmasi langsung. Pada kartu prakerja itu, ada kursus serta tunjangan dari pemerintah kurang lebih Rp 3, 5 juta per bulan sepanjang empat bulan depan.

No More Posts Available.

No more pages to load.