PAWAI PERINGATAN SEDEKAH LAUT JUWANA

oleh

Kamis siang 30/8/2012 desa Langgenharjo dipadati banyak pengunjung dari berbagai daerah. Siang itu pengunjung bersenang ria menonton  karnafal / pawai yang digelar panitia haul Mbah Sholeh dan Masyayeh. Karnafal dimeriahkan warga dengan beberapa bentuk kesenian mulai dari drumband, rebana, tongtek, dan lain sebagainya.

Selain itu semua siswa-siswi Madrasah Mathaliul Falah ikut tampil dari jenjang RA, MI, MTs., MA, Madin. Kegiatan ini memperingati sang leluhur penyebar agama Islam di Juwana khususnya di desa Langgenharjo. Yakni KH. Sholihul Munawwar yang hidup di akhir abad 18 M dan seluruh masyayeh desa. Puncak acara peringatan adalah pengajian akbar pada Sabtu malam Ahad 1/9/12  yang kan dihadiri KH. Ubaidillah Faqih Langitan Tuban Jawa Timur pukul 19.30 wib sampai selesai.

   
       
       
        


SYAWALAN SEDEKAH LAUT DAN HAUL MBAH SHOLEH AL-MUNAWWAR


Hari raya Idul Fitri merupakan momentum yang sangat berarti bagi warga Juwana. Warga memanfaatkan sesuai kepentingannya, bertemu keluarga, bersilaturahmi, berlibur, bersenang ria dll. Yang menjadi rutinan dan tidak bisa ditinggalkan oleh warga adalah kegiatan sedekah laut atau masyarakat menyebutnya lomban yang disusul juga haul Mbah Sholeh. Biasanya Aktifitas kerja warga mulai aktif setelah kegiatan tersebut.
         
Sedekah lauadalah tradisi tahunan yang dilaksanakan sepekan setelah lebaran sebagai perwujudan rasa syukur dan permohonan keselamatan warga nelayan saat akan melaut lagi. Tepatnya akan dilaksakan pada Minggu pagi, 26 Agustus 2012 ini. Yaitu dengan melarung sesaji kemuara laut. Sebelumnya sesaji itu diarak bersama warga keliling didesa nelayan Bajomulyo dan Bendar pukul 08.00 sampai selesai. Kemudian sebelum pemberangkatan sesaji kelaut dilaksanakan upacara di pelabuhan unit II yang akan dihadiri oleh Bupati Pati beserta jajaranya dan Muspika Juwana. Semua masyarakat ikut terlibat disini. 

Setelah Sedekah laut disusul kegiatan besar juga yakni haul Mbah Sholeh al-Munawwar. Mbah Sholeh yang sebagai salah satu Ulama’ ternama di akhir abad 18 M yang pernah ada di Juwana yang menyebarkan agama Islam. Tepatnya berada didesa Langgenharjo. Didesa inilah perkembangan agama Islam nampak dan masih bisa dirasakan sampai sekarang dengan adanya  lembaga pendidikan agama yang makin tumbuh besar. Semua jenjang pendidikan ada mulai dari Pondok Pesantren, Madrasah yang terdiri dari RA, MI, MTs., MA, dan MADIN. Diantara yang menjadi peninggalanya adalah masjid al-munawwar.

Warga memperingati haul ini dengan mengadakan beberapa kegiatan. Adapun jadwal kegiatan atau haul Almagfurlahum KH. Sholihul Munawaar, K. Anas Sholih, dan Masyayeh kec. Juwana tahun 2012 sebagai berikut :

1. Sholawat Burdah bersama pada Sabtu malam Ahad 25 Agustus M/ 7 Syawal 1433 H. Pukul 19.30 wib di Maqbaroh desa Langgenharjo
2. Tahtimul Qur’an Binnadhor dan Bahsul Masail agama dan sosial pada Ahad, 26 Agustus 2012 di Masjid Al-Munawwar desa Langgenharjo. Diikuti Ulama’ setempat, pengurus Syuriyah MWC NU Juwana dan ranting se kec. Juwana, alumni santri Sarang yang tergabung dalam PASSTI, dan masyarakat sekitar.
3. Tahtimul Qur’an Bilghoib pada Kamis, 30 Agustus 2012 dimulai pukul 07.00 wib di masjid al-Munawwar seluruh Huffad kabupaten Pati
4. Karnafal budaya, pada 30 Agustus 2012 M mulai pukul 14.00-17.00wib. Rute, Kincir Kulon-Masjid al-Munawwar-Pasar Selok-Langgen Templek-Masjid al-Munawwar (finish). Peserta siswa-siswi TPQ, MI, MTs., MA, jamaah mushola dan masyarakat Juwana.
5. Pengajian dan tahlil umum Muslimat pada hari Jumat, 31 Agustus 2012 M pukul 14.00-17.00 wib di maqbaroh desa Langgenharjo peserta seluruh Muslimat dan fatayat se Kec. Juwana dan sekitarnya.
6. Ziarah kubur dan tahlil umum pada Sabtu, 1  September 2012 pukul 15.00-17.30 wib di maqbaroh desa Langgenharjo yang dihadiri KH. Ah. Nafi’ Abdillah dari Kajen, KH. Thpyyib Daiman dari Waturoyo dan ulama setempat.
7. Pengajian umum pada Sabtu malam Ahad, 1 September 2012 M pukul 19.30 sampai selesai di halaman pondok pesantren al-Munawwar pembicara KH. Ubaidillah Faqih pengasuh ponpes Langitan Tuban Jawa Timur.

Baca Juga :  Saatnya Akustik Punya Media "NEGERI AKUSTIK" Margoyoso

No More Posts Available.

No more pages to load.