8 Panduan New Normal di Sekolah

  • Whatsapp
panduan new normal di sekolah
illustrasi

fokusmuria.co.id, NASIONAL – Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) diberitakan dapat segera buka sekolah dalam tempo dekat. Walau, ini belum bisa dinyatakan kapan.

Ditanya tentang ini, Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperjelas jika dia belum memutuskan. Nadiem akui masih menanti instruksi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Bacaan Lainnya

“Ketentuan kapan? Dengan pola apa? Semacam apa? Sebab ini unsur kesehatan bukan pendidikan itu masih di Gugus Tugas [Percepatan Penanganan COVID-19]. Jadi minta tunggu, saya juga tidak dapat memberi pernyataan apa saja ketetapan itu karenanya dipusatkan di Gugus Tugas [Percepatan Perlakuan COVID-19],” tuturnya waktu rapat kerja virtual, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga :  Situs Berita Tribunnews Erros.

Meskipun begitu, jika sekolah betul akan dibuka dalam tempo dekat, karena itu warga terutamanya beberapa guru serta siswa perlu menyiapkan “Tutorial New Normal” untuk menghindari dianya sendiri terkena virus corona.

Disarikan dari Prosedur Kesehatan Ruang Lembaga Pendidikan, berikut tutorial normal baru yang dapat diaplikasikan bila sekolah jadi dibuka kembali lagi ditengah-tengah ewbah covid 19:

Baca Juga :  Penjelasan Alur, Penerimaan BLT 600rb/KK Kab Pati

Berikut 8 Langkah Panduan New Normal di Sekolah

  1. Sediakan fasilitas bersihkan tangan memakai sabun dan air atau pembersih tangan berbasiskan alkohol di sejumlah spot.
  2. Bersihkan handel pintu, saklar lampu, computer, meja, keyboard, serta sarana lain yang seringkali tersentuh tangan minimum 1 kali satu hari dengan disinfektan.
  3. Lakukan skrining harian, yakni jika ada siswa, guru, atau karyawan yang mempunyai tanda-tanda demam di atas 38 derajat, batuk, pilek, masalah kulit, mata, muntah, diare, tidak nafsu makan atau keluh kesah lain, karena itu diharap tidak untuk ke sekolah.
  4. Masyarakat sekolah dilarang share makanan, minuman, termasuk juga perlengkapan makan, minum serta alat musik tiup yang akan tingkatkan efek penyebaran COVID-19.
  5. Masyarakat sekolah dilarang berkontak fisik langsung seperti bersalaman, cium tangan, atau berangkulan.
  6. Tunda pekerjaan yang mempunyai potensi kumpulkan beberapa orang seperti berkemah atau studi wisata.
  7. Pastikan makanan yang berada di sekolah adalah makanan yang sehat serta telah dibuat sampai masak.
  8. Buat guru atau karyawan yang mempunyai tanda-tanda COVID-19 serta tinggal di ruang zone merah diharap untuk selalu lakukan Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah.
Baca Juga :  Bantuan Sosial Covid di Pati Sesuai Aturan

Pos terkait