Inilah, Niat Mandi Puasa Ramadhan serta Doanya

  • Whatsapp
niat mandi puasa

fokusmuria.co.id, Lifestyle – Mandi junub ialah proses bersihkan diri dari hadas besar serta karakternya harus buat seorang muslim saat ingin melaksanakan ibadah seperti puasa Ramadhan. Ini untuk bersihkan serta mensucikan diri dari hadas besar. Inilah Niat mandi Keramas sebelum puasa dan doa mandi bulan puasa ramadhan

Niat mandi Puasa qadha Ramadhan

Dikutip dari Buku Fiqh Ibadah karya Zaenal Abidin M.Pd.i, kita harus mengetahui niat dan tata cara mandi wajib atau junub. Berikut niat mandi wajib:

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  10 kartu ucapan idul fitri untuk guru

Niat Mandi Wajib Usai Bersyahwat

“Nawaitul ghusla lifraf’il hadatsil akbar minal janabat fardhol illahi ta’aala.””

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardhu karena Allah ta’aala.”

Niat Mandi Wajib Usai Nifas

“Nawaitul ghusla lifraf’il hadatsil akbar minan nifasi fardhol illahi ta’aala.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardhu karena Allah ta’aala.”

Baca Juga :  Inilah Amalan Malam Nuzulul Quran dan Doa hari ke 17 Ramadhan

Niat Mandi Wajib Usai Haid

“Nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbar minal haidil fardlon lillahi ta’ala.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar dari haid, fardhu karena Allah ta’ala.”

Doa Mandi Puasa Bulan Ramadhan

Berikut ini doa keramas puasa Ramadhan. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini doa keramas puasa Ramadhan.

Sebagai umat Muslim yang sangat bangga dan gembira dengan adanya bulan suci Ramadhan ini, maka tidak ada salahnya mengawali kegembiraan ini dengan bacaan-bacaan doa, membaca kalimat-kalimat amalam, memperbanyak dzikir, dan bisa juga mengawalinya dengan membaca niat doa keramas puasa Ramadhan ini.

Baca Juga :  Penjelasan Malam Lailatul Qodar Lengkap

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla.

Artinya: Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Keramas Pada Puasa Ramadhan

tata cara dalam melakukan keramas puasa Ramadhan adalah sama seperti mandi wajib biasanya. Pertama, kamu perlu membaca niat, kemudian membasuh seluruh tubuh dengan air yang cukup.

Selain itu, adapun waktu untuk melaksanakan mandi sunat awal Ramadhan ini yang sebaiknya dilaksanakan sore hari saat keesokkannya akan mengawali puasa. Namun, bisa juga kamu lakukan di akhir bulan sya’ban akan menjelang bulan Ramadhan. Pilihan terakhirnya, bisa juga dilaksanakan sholat malam hari ketika hari besokknya kamu akan berpuasa.

Pos terkait