Nata De Cassava, Inovasi Nata Dari Ketela

oleh

Nata De Cassava, mungkin banyak orang yang jarang mendengarkan kata ini. Nata De Cassava bukanlah bahan ilmiah atau hewan dari planet lain. Nata De Cassava merupakan makanan pencuci mulut yang berasal dari hasil fermentasi limbah cair dari tepung tapioka. Bentuknya hampir mirip dengan Nata De Coco.
Nilai nutrisi nata de cassava sangat rendah, tidak mengandung vitamin, lemak, dan protein. Kalori yang dihasilkan sangat rendah. Hal tersebut menyebabkan nata de cassava tidak menyebabkan kegemukan, sehingga nata de cassava cocok sebagai pangan diet.
Membuat Nata De Cassava tidaklah sulit. Pengolahannya membutuh proses selama enam hari. Hari pertama, limbah cair tapioka direbus bersama dengan ampas singkong. Hari kedua, rebusan tersebut disaring lalu dituang dalam nampan. Hari ketiga, bibit nata dicampurkan ke dalamnya. Cairan fermentasi tersebut akan menjadi nata pada hari kelima atau keenam.
Mengingat margoyoso merupakan sentral pembuatan tepung tapioka. Pembuatan Nata De Cassava bisa menjadi usaha tambahan untuk warga margoyoso dan mengurangi limbah cair.
oleh : Hilal Ndut dan berbagai sumber

Baca Juga :  Pesona Indahnya Eksotika Resulan Jaten, Sidomukti, Margoyoso, Pati

No More Posts Available.

No more pages to load.