Mengenal Apa Itu Sendi, Jenis-jenis dan Gangguannya

  • Whatsapp
Mengenal Apa Itu Sendi, Jenis-jenis dan Gangguannya

Fokusmuria – Anda pun sudah seharusnya mengenal apa itu sendi dengan harapan agar mengetahui cara untuk menjaga kesehatannya sehingga terhindar dari gangguan kesehatan di bagian ini. Mengingat bahwa penyakit persendian juga beragam sehingga harus diwaspadi. Berikut ulasannya:

Apa Itu Sendi?

Bacaan Lainnya

Sendi merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk menghubungkan tulang. Tubuh manusia dewasa sendiri memang terdiri dari struktur kompleks dengan 206 tulang. Diantaranya terhubung melalui fibrosa, otot, ligament, tulang rawan hialin dan lainnya.

Sendi merupakan bagian tubuh sebagai tempat bertemunya dua tulang ataupun lebih sehingga fungsinya memang sangat penting. Tidak hanya itu saja, juga berfungsi untuk menggerakkan anggota gerak badan serta membantu otot agar lebih mudah bergerak.

Setidaknya, ada tiga jenis sendi yang berfungsi untuk menghubungkan tulang manusia. Ketiganya adalah diartrosis, amfiartrosis dan juga sinartrosis. Masing-masing tersebut memiliki fungsi sendiri sehingga setiap manusia mampu menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Baca Juga :  Manfaat Berwudhu Menurut Medis

Macam-Macam Sendi

Jumlah sendi antar manusia bisa saja berbeda, namun diperkirakan jika terdapat 250 sampai 350 buah. Beberapa definisi menyebut bahwa bagian ini merupakan sebuah titik yang menghubungkan dua tulang. Ada pula menyebutkan sebagai hubungan kuat antar tulang, gigi dan tulang rawan.

Macam sendi dibedakan menjadi tiga. Pertama yakni sendi mati atau sinartrosis yang menghubungkan dua tulang namun tidak menyebabkan adanya pergerakan. Contohnya seperti di tengkorak. Jenis kedua yaitu  sendi kaku atau amfiatrosis dengan bergerak namun bersifat terbatas, misal di pinggul.

Jenis terakhir yaitu sendi gerak atau diartrosis yang mampu menimbulkan pergerakan secara leluasa. Biasanya juga disebut dengan synovial karena memiliki cairan bernama sinovial dimana fungsinya sebagai pelumas. Contohnya ada di lutut, ruas jari telapak tangan dan leher.

Jenis-Jenis Sendi Gerak

Manusia mempunyai banyak sekali sendi gerak yang berbeda dari fungsi dan tempatnya. Pertama yakni sendi putar dimana memungkinkan satu tulang bisa melakukan putaran, misalnya pengumpil pada lengan. Kedua yaitu sendi geser karena menimbulkan pergerakan pada posisi sama-sama datar.

Baca Juga :  Berhenti Merokok Bagus Dimulai Bulan Januari

Jenis ketiga yaitu sendi pelana karena memang memiliki bentuk yang hampir mirip. Gerakannya akan memberikan dua arah seperti pada tulang ibu jari dan pergelangan tangan. Keempat yakni sendi engsel lantaran membuat pergerakan menyerupai pintu, contohnya tulang paha dan lutut.

Berikutnya yaitu sendi gulung yang mempunyai ronga elips dan permukaan akan menyerupai bulat telur. Misalnya di penghubung tulang jari dengan telapak tangan. Terakhir yakni sendi peluru dimana memungkinkan pergerakan ke segala areh dan hanya ada dua pada manusia, misalnya di bagian bahu.

Gangguan pada Sendi

Sendi yang memiliki peran penting pada aktivitas gerak manusia, nyatanya juga seringkali terserang oleh berbagai penyakit. Gangguna ini terutama dialami oleh mereka dengan kalangan usia ke atas karena asupan kalsium sudah menipis.

  1. Peradangan

Peradangan merupakan gangguan sendi yang paling sering dialami. Biasanya kondisi ini disebabkan ketika penderita memiliki pola makan kurang sehat sehingga pada saat terjadinya infeksi atau luka maka menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Umumnya, peradangan sendi ini bisa saja sembuh namun juga kambuh karena penyebab yang sama. Jadi Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Salah satunya dengan mengistirahatkan bagian tubuh tersebut atau mengonsumsi obat tertentu sebagai pereda nyeri.

  1. Infeksi
Baca Juga :  Hari Ini, 1 Desember 2012, Peringatan Hari Aids Sedunia, “ Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS “

Gangguan sendi ini merupakan kondisi dimana sedang mengalami peradangan namun karena adanya gangguan patogen sehingga membuat bagian ini semakin rusak. Beberapa contohnya ialah seperti Septic arthritis dan Lyme arthritis.

Infeksi ini seringkali disebabkan karena bakteri misalnya saja diakibatkan oleh kasus sederhana seperti tergigit kutu. Gejalanya memang hampir mirip seperti flue namun ditambah dengan adanya ruam pada kulit.

  1. Autoimun

Gangguan sendi berikutnya yakni berupa autoimun. Kondisi ini terjadi apabila sistem kekebalan tubuh berhasil menyerang persendian bahkan tulang dan menimbulkan peradangan sampai ke gangguan fungsi kerja.

Sistem imun pada tubuh akan mengartikan sel dan jaringan sebagai musuh sehingga menyebabkan kerusakan. Kondisi ini merusak jaringan ikat di tulang rawan. Hal ini semakin parah apabila tidak kunjung diatasi karena menyebabkan komplikasi lebih serius.

Anda pun harus mengenali apa saja jenis-jenis bahkan gangguan yang terjadi pada persendian. Informasi mengenal apa itu sendi setidaknya memberikan gambaran bahwa pola hidup sehat harus dijaga demi menghindarkan dari penyakit tersebut.***

Pos terkait