Membuat Ketupat Lebaran Yang Enak Dan ga Cepat Basi

oleh
[cara membuat ketupat]

Cara membuat ketupat lebaran yang enak dan ga cepat basi ini tergolong mudah dipraktekkan. Yang perlu kita perhatikan hanya memilih bahan janur yang berwarna kuning agak kehijauan. Karena dengan tips ini ketupat yang kita masak bisa terlihat putih bersih dan segar. Adapun supaya ketupat tidak mudah basi, ikuti kiat dari situs tips wisata murah dibawah berikut

Ketupat akan terasa gurih dan kenyal apabila beras yang sudah dicuci kita bubuhi air kapur sirih pada sebelum dimasukkan ke dalam kulit ketupat. Karena air kapur ini selain menjadikan ketupat tahan lama juga terasa kenyal.
Langkah berikutnya saat proses perebusan, jaga supaya tidak kekurangan air. tambah saat air berkurang karena adanya proses penguapan. Ini harus dilakukan sampai beberapa kali, sampai ketupat benar benar masak.

Baca Juga :  Minum Kopi, Bisa mencegah Kanker Usus

Kemudian tiriskan air dengan cara mengantung ketupat pada gantungan. setelah adem masukkan dalam kulkas. Kemudian dihari berikutnya kalau mau makan. keluarkan ketupat ddari kulkas, tunggu hingga benar benar dinginnya hilang, kemudian panasi dikompor selama 25 menit.
Untuk membuat ketupat yang enak, bahan yang harus dipersiapkan adalah seperti dibawah berikut

  • 1.Rendam selama 3 jam beras yang di cuci bersih, tiriskan airnya, kemudian beri sedikit kapur sirih.
  • 2.masukkan beras yang sudah dipersiapkan tadi ke dalam bungkus ketupat, ingat jangan sampai penuh, tapi beri 2/3 dari gedenya bungkus ketupat yang sudah anda persiapkan.
  • 3. Keudian rebuslah air sampai mendidih kemudian baru dimasukkan ketupat kedalam air tersebut.Usahakan seluruh ketupat terendam air yang direbus tadi
  • 4. Biasanya proses sampai matangnya ketupat membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Kalau anda perkirakan sudah benar benar matang, tiriskan ketupat dengan cara mengantungkannya di atas pengantungan yang sudah anda persiapkan.
Baca Juga :  Benarkah Kopi Pagi Meningkatkan Memori Otak

Nah sekarang ketupat anda sudah bisa dihidangkan untuk lebaran Idul Fitri maupun pada hari raya idul adha. Selamat mencoba. dan salam wisata keluarga Indonesia.

No More Posts Available.

No more pages to load.