Melongok Budaya Betawi di Setu Babakan

oleh
budaya betawi disetu babakanKampung Setu Babakan

Disebut kampung Betawi, karena karakter budaya masyarakat di sekitar situ atau setu Babakan ini memiliki citarasa Betawi. Mulai dari atraksi kesenian yang biasa digelar dipanggung arena wisata budaya seperti Tari Topeng, Tanjidor, Marawis,Lenong, Gambang Kromong, Tari Lenggang Nyai, Tari Narojeng yang lengkap dengan boneka ondel ondelnya.. Potret wisata dan kesenian rakyat Jakarta di setu Babakan ini merupakan miniatur sketsa dari eksistensi orang asli Jakarta yang bernama Betawi.

Sebenarnya nama Setu babakan merupaan sebuah danau yang terletak ditanah seluas 30 hekta di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Tapi daerah yang jadi salah satu tempat wisata air di jakarta itu juga jadi tempat pelesarian wisata budaya Betawi, hal in bisa kita lihat dari rumah-rumah khas Betawi yang dibangun disana. Design bangunan secara umum ada 3 macam, pertama rumah Betawi gudang atau kandang, kedua rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan yang terakhir adalah rumah Joglo.

Baca Juga :  Uniknya Resepsi Pengantin Toraja

Menurut penelusuran tipswisatamurah.com . Terpilihnya kampung Srengseng Sawah atau Setu Babakan menjadi daerah tempat pelestarian Budaya khas betawi ini melalui dialog para tokoh dan Budayawan Betawi. Sedianya tempat yang diusulkan jadi tempat wisata budaya tersebut adalah Condet, Rorotan, Kemayoran, dan akhir setelah semua sepakat melalui SK Gubernur No 9 tahun 2000, Setu babakan di bakukan jadi tempat pelestarian Budaya Betawi.

Baca Juga :  Nonton Sangkar Burung Raksasa di Taman Burung

Nah baru baru ini, Gubernur yang paling nganteng (baca ganteng) Jokowi atau Joko Widodo, juga menyatakan pembangunan proyek kampung berkarakter Betawi di Setu Babakan secepatnya dapat direalisasikan. Untuk itu, ia siap menggelontorkan dana sebesar Rp 291 miliar. Semoga saja Anggota dewan (DPRD Jakarta) mempunyai niat yang sama untuk membangun peradaban Betawi yang nyaris hilang. Kita doakan saja ya

Baca Juga :  Wisata Kota Tua Ke Museum Fatahillah

Kalau anda berniat melongok budaya betawi di setu Babakan ini juga bisa naik bis metromini 616 jurusan Blok M Pasar Minggu Cipedak. Dari terminal depok yang dekat stasiun Depok Baru itu juga ada angkutan bernomer 128, Kalau naik motor ikutin aja rute angkutan itu , dan nanti tinggal tanya setu Babakan pasti dikasih tahu orang

No More Posts Available.

No more pages to load.