Manfaat Berwudhu Menurut Medis

oleh
           Margoyoso Update – Menurut ilmu Pengetahuan, telah terungkap bahwa berwudhu tidak hanya sebagai salah satu syarat untuk melakukan shalat dan amalan lainnya, tetapi juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.  Fakta itu terungkap setelah banyak orang yang melakukan penelitian tentang berwudhu ini. fakta-fakta tersebut akan kita ulas dalam tulisan dibawah ini.

Berwudhu adalah membersihkan atau mensucikan sebagian anggota tubuh kita sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan shalat, membaca Al-Qur’an, dan Amalan-amalan lainnya. Berwudhu dilakukan agar kita senantiasa mengerjakan amalan-amalan tersebut dalam keadaan yang suci, karena amalan-amalan tersebut juga merupakan amalan-amalan suci sehingga kitanya pun harus dalam keadaan suci. Dan berikut ini fakta-fakta yang telah terungkap secara ilmiah mengenai manfaat dari berwudhu
Berwudhu sangat memperhatikan anggota-anggota badan yang terbuka yang lebih dominan terlihat dibanding anggota badan yang lain. Sebab mereka lebih rentan akan reaksi udara, perubahan cuaca dan penggantiannya. seperti wajah, kepala, kedua tangan, kedua kaki dan semua anggota yang terbuka yang kelihatan dari tubuh seperti mulut, hidung dan kedua bola mata.
Membasuh anggota-anggota badan yang terkena debu dan kuman-kuman yang bertebaran di udara dipandang sebagai dasar ilmu kedokteran imunitas yang sangat penting. Anggota-anggota badan yang terbuka ini menjadi bersih dan badan terbebas dari bau tidak sedap yang disebabkan oleh keringat, sisa-sisa pengeluaran hasil kelenjar atau sel-sel aktif lainnya yang sangat beresiko.
Semua ini mengkukuhkan bahwa wudhu merupakan pelindung yang sangat efektif bagi lapisan kulit bagian luar dari serangan-serangan mikroba yang akan masuk ke dalam tubuh dan meminimalisir terjadinya kanker kulit. Dan Berikut ini adalah fakta-fakta lainnya.
1.      Berkumur
Ilmu kedokteran modern membuktikan Berkumur-kumur mulut dan saluran antara rongga mulut dan kerongkongan (tekak) dapat memelihara gigi dan membersihkan lapisan-lapisannya dari sisa-sisa makanan yang tersisa setelah makan. Sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai radang, serta menjaga gusi dari pembengkakan.
2.      Mencuci Hidung
Penelitian ilmiah modern mengemukakan sebagian orang yang berwudhu secara kontinyu membuat hidung mereka terlihat bersih dan terbebas dari debu, kuman dan mikroba. dan juga mengembalikan kondisi kesehatan untuk tubuh secara keseluruhan. Aktifitas ini juga akan memelihara manusia dari bahaya berpindahnya mikroba-mikroba dari hidung ke anggota badan yang lain di dalam tubuh.
3.      Membasuh Wajah, kedua tangan sampai siku, dan kedua telapak kaki sampai mata kaki.
Membasuh wajah dan kedua tangan hingga kedua siku akan membersihkan kulit dari materi-materi berminyak yang dihasilkan oleh pengeluaran dari kelenjar-kelenjar kulit, ini secara aklamasi adalah habitat yang sangat relevan untuk kehidupan dan perkembangbiakan kuman-kuman.
Membasuh kedua kaki (hingga kedua mata kaki) bersama dengan gerakan menggosok yang bagus akan membawa kepada perasaan tenang dan tentram, karena pada kaki terdapat refleksi bagi system seluruh tubuh. Ini merupakan rahasia perasaan tenang dan tentram yang dirasakan oleh seorang muslim setelah dia berwudhu.

Demikianlah fakta-fakta penting yang telah diakui oleh ilmu kedokteran modern tentang manfaat dari berwudhu bagi kesehatan orang yang melakukannya. Sungguh agama kita ini agama yang sempurna, yang mana mengharuskan pemeluknya agar menjaga kesehatan, Salah satunya dengan berwudhu.

(sumber: slideshow by Ust.Abu Zaki Maulana)


Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Sendi, Jenis-jenis dan Gangguannya

No More Posts Available.

No more pages to load.