5 Makanan khas lebaran idul fitri sederhana tapi mewah

oleh
makanan khas lebaran idul fitri

fokusmuria.co.id, lebaran 2020 – Tiap Hari Raya Idul Fitri datang, semua kaum muslim dunia menyambutnya dengan penuh suka ria. Beberapa makanan khas Lebaran di Indonesia juga dihidangkan untuk menyemarakkan peristiwa Idul Fitri.

satu hal yang sangat dinanti dalam peristiwa Lebaran yaitu mencicip makanan ciri khas Lebaran yang membangkitkan hasrat.

Baca juga : lafal takbiran lengkap

Makanan khas lebaran di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sajian Lebaran yang sangat terkenal serta harus ada ialah ketupat serta opor ayam. Disamping itu, bermacam kue kering Lebaran jangan tertinggal.

Berikut dikumpulkan Fokusmuria, macam makanan ciri khas Hari Raya Idul Fitri di Indonesia yang harus disantap waktu Lebaran 2020:

Baca Juga :  Inilah Lafal Takbiran Lengkap Idul Fitri 1441 H

baca juga : ucapan selamat idul fitri

Ketupat Lebaran

Dapat disebut, Lebaran kurang afdhal rasa-rasanya jika tanpa ada ketupat. Ketupat Lebaran umumnya disajikan bersama-sama makanan yang lain seperti opor, sambal goreng ati, atau semur.

Masalah penampilan serta rasa memang simpel, tetapi rupanya ada arti spesial dibalik nama ketupat, yakni kependekan dari kata ‘ngaku lepat’ dalam bahasa Jawa, berarti akui bersalah.

Dikenalkan pertama-tama oleh Sunan Kalijaga, ketupat dibuat dari bahan penting beras/pulut yang dimasukkan ke anyaman daun kelapa berupa persegi.

Opor Ayam Lebaran

opor ayam lebaran 2020
pinterest.com

Opor ayam adalah masakan semacam kari ayam yang benar-benar diketahui di Indonesia. Masakan ini sudah terkenal di wilayah lain, serta hampir ke semua daerah Indonesia.

Dari membuatnya, opor ayam terbagi dalam ayam rebus yang dibumbui kental dari santan. Lalu, ditambah lagi beberapa bumbu lain seperti serai serta kencur.

Baca Juga :  Bacaan Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha

Dalam adat Jawa, perayaan Lebaran umumnya dibikin semarak dengan membuat ketupat yang diberikan dengan opor ayam serta sambal goreng ati.

Semur Lebaran

semur lebaran
pinterest.com

Semur ialah sajian daging rebus yang diproses bersama-sama kuah berwarna coklat pekat. Kuah semur dibuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombai, pala serta cengkih.

Dalam proses pengerjaan semur, kecap manis dari kedelai hitam asli jadi bahan penting untuk memperkuat cita rasa semur.

Kecuali memiliki bahan penting daging sapi, semur dapat ditambah lagi dengan kentang, tahu, tempe, telur, sampai ikan, sesuai dengan hasrat warga di setiap wilayah.

Sambal Goreng Ati

Sambal Goreng Ati lebaran 2020
pinterest.com

Satu lagi menu sajian ciri khas Lebaran di Indonesia yang harus disantap yakni sambal goreng ati. Keunikan sambal ini terdapat pada bumbu sambal dan citarasa pedas, gurih, serta manis.

Baca Juga :  Begini,Cara Bikin Kartu Ucapan Idul Fitri Online

Umumnya, warga membuat sambal goreng ati dengan kombinasi potongan kentang kotak. Sajian satu ini tetap ramai diberikan di Lebaran hari pertama, disantap bersama-sama kerupuk udang.

Rendang

Rendang Lebaran 2020
pinterest.com

Sajian Lebaran yang tidak bisa ditinggalkan ialah rendang. Biasanya, rendang dibikin dengan daging sapi, santan, serta rempah-rempah. Tetapi, rendang juga bisa dibikin dari daging ayam, paru, jamur, serta bebek.

Proses memasak rendang memang memerlukan waktu berjam-jam (umumnya seputar empat jam) sampai yang tinggal hanya potongan daging berwarna hitam pekat serta dedak.

Dalam temperatur ruang, rendang bisa bertahan sampai beberapa minggu. Rendang yang dibuat dalam tempo semakin singkat serta santannya belum kering disebutkan kalio, berwarna cokelat jelas keemasan.

No More Posts Available.

No more pages to load.