,

Kreasi, Pohon Natal Unik dari Ecobrik di GITJ Gembong

oleh
GITJ Gembong, Pati, membuat pohon Natal dari seribu ecobrick untuk menampung sampah plastik. Dok.RADAR KUDUS

fokusmuria.co.id, PATI – Gereja Injil di Tanah Jawa (GITJ) Gembong membuat pohon Natal dari ecobrick. Tinggi lima meter. Ornamen itu kini telah berdiri depan GITJ Gembong.

menurut Pendeta GITJ Gembong yang dilangsir dari radarkudus jawa pos Stevanus Siswanto mengatakan, ide awal membuat pohon Natal dari susunan ecobrick karena pihak gereja prihatin dengan banyaknya sampah plastik di sekitar Kecamatan Gembong.

Sehingga dari pihak gereja memutuskan tahun ini membuat pohon Natal dari susunan ecobrick di karenakan Sampah-sampah itu belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat .

Baca Juga :  PDP Covid 19 Pati, Anggota DPR RI H. Imam Suroso Meninggal

”Bahan-bahan ecobrick dikumpulkan dari jemaat gereja. Para jemaat memburu limbah plastik lalu dimasukkan di dalam bekas botol mineral hingga padat. Jemaat gereja berhasil mengumpul kan 740 ecobrick. Sedangkan sisanya 260 ecobrick dari Pemdes Gembong yang memberikan ecobrick untuk penyusunan pohon natal,” kata Stevanus kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Jemaat gereja mengumpulkan limbah plastik dari besar sabun, kopi saset, bungkus jajan, dan lainnya. Pembuatan pohon Natal dari ecobrick prosesnya membu tuhkan waktu sekitar tiga minggu. Untuk membuat pohon Natal setinggi 5 meter itu, pihak gereja gotong royong. Karena seribu ecobrick beratnya sekitar 3 kuintal.

Baca Juga :  OPD di Kab Pati, Wajib daftar BPJS Ketenagakerjaan

“Satu ecobrick beratnya 300 gram. Pembuatannya dengan kerangka besi supaya bisa menopang seribu ecobrik. Itu kami kerjakan di depan gereja. Para jemaat kompak mengerjakannya. Satu persatu kami susun ecobricknya. Memang harus teliti menyusunnya supaya rapi dan supaya kuat kerangkanya,” tutur nya kemarin.

Menurutnya, setiap tahun membuat pohon natal tapi dengan material berbeda. Khusus tahun ini dengan ecobrick. Ini juga sebagai bentuk kepedulian jemaat terhadap lingkungan. Apalagi limbah plastik

No More Posts Available.

No more pages to load.