Khasiat Tomat dan 5 Manfaat Tomat

  • Whatsapp
sayuran penurun kolesterol paling cepat
sayuran penurun kolesterol paling cepat(Sayuran Sehat. (FOTO: Istimewa)

Khasiat Tomat dan 5 Manfaat Tomat

(GayaHidup)Berikut ini beberapa manfaat tomat menurut aladokter.com yang dipercaya bisa mencegah bahkan meringankan gejala penyakit tertentu, di antaranya:

sayuran penurun kolesterol paling cepat
(Sayuran Sehat. (FOTO: Istimewa)

Mencegah kanker

Karena mengandung antioksidan seperti likopen, karotenoid, dan polifenol, tomat dapat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Karenanya, manfaat tomat diduga berperan dalam mencegah berbagai kanker berbahaya, seperti kanker prostat, kanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, dan kandung kemih. Namun, asumsi tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut karena berbagai penelitian yang dilakukan sejauh ini masih menunjukkan data yang belum konsisten.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Berhenti Merokok Bagus Dimulai Bulan Januari

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat tomat lainnya berasal dari kandungan kaliumnya. Meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium (garam) sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dan mengurangi asupan garam dalam pola makan sehari-hari mampu mengurangi tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi yang ringan.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat tomat terkait erat dengan kesehatan jantung dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopennya efektif menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung. Nutrisi pada tomat juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, terutama pada orang dengan obesitas.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Sendi, Jenis-jenis dan Gangguannya

Menjaga kesehatan kulit

Menurut sebuah penelitian, likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dan membantu menjaga kulit tampak awet muda. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. Tomat juga membantu dalam mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Baca Juga :  Olah Raga yang Boleh di lakukan oleh Penderita Osteoporosis

Memelihara kesehatan mata

Tomat mengandung berbagai nutrisi penting untuk melindungi kesehatan mata. Manfaat tomat yang mengandung antioksidan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid dapat membantu mengurangi gejala mata lelah, dan mengurangi risiko penyakit mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.

Berbagai manfaat tomat tersebut memang masih membutuhkan penelitian dan bukti lebih lanjut. Namun, jangan ragu untuk menambahkan tomat ke dalam menu makanan sehari-hari Anda, karena buah tomat mengandung banyak nutrisi penting

Pos terkait