Kades Desa Ternadi Terpilih, Justru Meninggal Dunia

  • Whatsapp
illustrasi

fokusmuria.co.id, Kudus – Desa Ternadi, Kecamatan Dawe bakal kembali mengikuti pelaksanaan pilkades pada tahun 2022 mendatang. Hal ini menyusul kades terpilih Supriyanto meninggal dunia. Sementara untuk pengisian jabatan kades akan diisi oleh pejabat (pj).

”Ya nanti Desa Ternadi akan mengikuti pilkades tahun 2022 karena kades terpilih meninggal dunia. Sementara ini, desa akan dipimpin Pj,” kata Plt Bupati Kudus HM Hartopo.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Deklarasi Damai,Pilkades Pati 2019 Kec Gabus

Ia mengatakan, Pj yang akan bertugas di Desa Ternadi akan dipilih dari unsur ASN. Ia akan menjalankan pemerintahan desa hingga tahun 2020 mendatang. Untuk itu, masyarakat diminta tak khawatir dengan program dan jalannya pemerintahan desa.

”Akan kita siapkan dari unsur ASN. Masyarakat tak perlu khawatir,” tegasnya.

Baca Juga: Baru Sepekan Menangi Pilkades, Kades Ternadi Terpilih Meninggal Dunia

Baca Juga :  Janji Pilkada Kudus, Plt Bupati di Periksa

Dengan adanya kasus ini pilkades pada tahun 2022 yang sebelumnya ada delapan desa bertambah menjadi sembilan desa. Ia pun berharap para kepala desa yang terpilih bisa menjalankan pemerintahan sebaik-baiknya.

Terpisah Kabid Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Arif Suwanto mengatakan, langkah yang diambil pemkab sudah sesuai dengan peraturan perda nomor 2 tahun 2015 sebagai mana diubah nomor 8 tahun 2017 tentang pencalonan, pengangkatan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa.

Baca Juga :  6 Desa di Kudus, belum mencairkan Dana Desa tahap ke III

Selain itu, pengangkatan Pj kepala desa juga diatur dalam perbup nomor 33 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan perda nomor 2 tahun 2015.

”Jadi kalau ada masyarakat yang mengira, calon kepala desa yang kalah akan menjadi kades itu tidak benar. Semua ada aturannya,” tandasnya.

 

sumber: murianews.com

Pos terkait