Jenis-Jenis Kucing Ras Yang Populer Sebagai Hewan Piaraan

oleh

MargoyosoUpdate.com – Kucing sebagai salah satu hewan yang sudah sejak lama dijadikan teman atau dipelihara di dalam lingkungan rumah oleh manusia. Sifatnya yang manja dan menggemaskan seringkali menjadi alasan untuk memelihara hewan ini. Walaupun kadang bahaya mengintai lewat bulu-bulunya yang terdapat virus, tapi sebagian besar pecinta kucing atau biasa disebut cat lovers tidak peduli karena telah memiliki cara dalam menanganinya. Berikut ini adalah jenis-jenis kucing yang cocok dan tepat dipelihara di lingkungan rumah sebagai sahabat atau hewan peliharaan.

1. Kucing Persia. Awalnya kucing ini berasal dari daerah persia timur tengah, merupakan salah satu kucing tertua yang hingga kini masih digemari. Bentuknya yang membulat, lucu disertai bulu-bulunya nan lembut dan panjang membuat sang pemilik harus rajin dalam merawatnya. Kucing ini berharga cukup mahal, ditentukan dari postur dan warna bulunya, namun ada salah satu bagian yang paling menentukan yaitu hidung. Semakin pesek hidung kucing persia, maka semakin mahal harganya.
2. Kucing Anggora. Berasal dari daerah Angkara Turki, yang dulunya merupakan kucing jalanan biasa. Sedikit berbeda dengan kucing persia, bentuk tubuh kucing anggora lebih terlihat gagah, tetap disertai bulu yang panjang dan juga ekor yang menjuntai panjang. Harga kucing anggora hampir menyamai kucing persia, dan biasanya kucing anggora yang beredar telah banyak dikawin silangkan.
3. Kucing Main Coon. Kucing ini berpostur besar, sebutannya saja coon (sejenis rubah) besar (main). pertama kali dikembangkan di Amerika serikat. bulunya cukup panjang terutama bagian ekor dan memiliki sifat lebih aktif dibanding kucing persia, namun begitu main coon merupakan kucing jinak dan nurut kepada pemiliknya. Harga kucing ini masih sangat mahal, bahkan yang memiliki sertifikat harganya melampaui harga kucing persia.
4. Kucing Siam. Kucing berbulu pendek ini berasal dari daerah Siam, Thailand, berwajah tirus namun memiliki mata dan warna bulu dengan gradasi cerah. Kucing ini selalu terlihat sehat dan lebih kuat dengan kondisi alam di Indonesia, bersifat aktif namun tetap merupakan kucing yang jinak dan penurut.
5. Kucing Himalaya. Diyakini berasal dari dataran tinggi Himalaya, kucing ini memiliki bentuk yang mirip dengan kucing persia, namun kebanyakan kucing himalaya memiliki mata biru, sama dengan kucing siam, dan warna dasar putih dengan gradasi kelabu serta krem coklat. Harga kucing ini juga hampir menyamai kucing persia. (dari berbagai sumber/edo)

Baca Juga :  8 Peristiwa Bersejarah Nasional Di Bulan Januari

No More Posts Available.

No more pages to load.