Ini Keuntungan Melakukan Service Rutin di Bengkel Resmi Suzuki

  • Whatsapp
Ini Keuntungan Melakukan Service Rutin di Bengkel Resmi Suzuki

FokusMuria – Kendaraan jenis apapun pasti membutuhkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu perawatan yang dibutuhkan kendaraan bermotor yaitu service yang dilakukan secara rutin.

Dengan melakukan service secara rutin di bengkel resmi suzuki, Anda akan mendapat berbagai sebagai berikut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Hanya ‘Wanita Paling Hard-Core’ Meninggalkan Jalan untuk Rebelle Rally

Menjaga Performa Motor

Motor yang mendapatkan perawatan berupa service secara berkala memiliki performa yang jauh lebih terjaga daripada motor yang jarang diservis. Servis rutin ini dilakukan dengan memeriksa kondisi motor secara menyeluruh.

Pemeriksaan tersebut mengatasi seluruh perubahan yang terjadi pada motor, kemudian disetel kembali sehingga performa kendaraan tetap prima.

Baca Juga :  Video: Kelemahan dan Kelebihan All New Terios

Hal ini dilakukan berdasarkan SOP (standard operating procedure) yang meliputi tiga hal pemeriksaan, yaitu mesin, chasis, dan kelistrikan.

  1. Mesin

Pemeriksaan mesin dilakukan agar mesin tetap memiliki performa yang maksimal. Perawatan rutin ini memeriksa dan membenahi beberapa komponen motor, seperti karburator, pompa oli, transmisi, kopling, klep, saluran udara, busi, pelumas, dan lain sebagainya.

  1. Chassis

Pada servis rutin tentunya motor akan mendapat pemeriksaan bagian chassis. Perawatan ini dilakukan dengan memeriksa dan menyetel ulang beberapa komponen seperti suspensi, kemudi, rem, suspensi, jarak bebas kopling, hingga master silinder.

  1. Kelistrikan

Sistem kelistrikan pada kendaraan bermotor tidak pernah luput dari pemeriksaan saat menjalani servis rutin. Perawatan ini dilakukan mengingat betapa krusialnya sistem ini agar aman dikendarai.

Komponen berupa aki, lampu, dan klakson akan diperiksa pada perawatan ini.

Baca Juga :  Aliansi Nissan-Mitsubishi Luncurkan Livina Versi Mungil

Hemat Biaya Operasional

Servis kendaraan secara berkala seolah menghabiskan banyak uang untuk kendaraan yang belum rusak. Namun, siapa sangka servis rutin ini justru dapat menghemat biaya operasional.

Terlebih lagi jika servis ini dilakukan di bengkel resmi kendaraan Anda.

Pada perawatan rutin, Anda akan mengetahui perubahan kondisi motor beserta komponen-komponennya.

Jika ada sedikit kerusakan pada komponen, motor Anda akan langsung mendapatkan penanganan dari ahlinya.

Baca Juga :  Demi Xpander, Mitsubishi Bakal Mengimpor Kembali Pajero Sport

Apabila harus mengganti komponen yang rusak, Anda akan mendapatkan sparepart yang asli. Harga suku cadang ini memang sedikit lebih mahal, namun kualitasnya lebih terjamin.

Suku cadang ini mampu menghindarkan kerusakan yang lebih parah pada motor Anda.

Sarana Konsultasi

Servis rutin juga dapat menjadi sarana konsultasi mengenai seluk beluk kendaraan bermotor kepada ahlinya. Saat melakukan servis, kendaraan Anda akan ditangani oleh tenaga mekanik handal dan berpengalaman yang dapat dimintai info terkait kendaraan Anda.

Anda tidak perlu segan untuk bertanya tentang kerusakan beserta perawatan yang seharusnya diberikan pada motor. Anda juga dapat meminta tips dan saran pada tenaga mekanik ini terkait pemakaian kendaraan bermotor agar komponennya tetap awet.

Baca Juga :  Sosok New Nissan Livina Terungkap, Apa Kata NMI?

Jangan lupa untuk menjaga sikap Anda selama bertanya, agar tidak mengganggu pekerjaan mereka.

Tentunya para tenaga mekanik akan dengan senang hati menjawab pertanyaan tersebut, terlebih jika Anda merupakan pelanggan tetap bengkel tersebut sehingga mengenal mereka secara personal.

Motor Lebih Awet

Segala sesuatu yang dirawat dengan baik dan benar pasti akan lebih awet daripada yang tidak dirawat. Begitu pula dengan kendaraan bermotor. Apabila Anda rutin memberi perawatan pada motor, tentu akan menjadi jauh lebih awet.

Ketahanan pemakaian motor sangat dipengaruhi oleh cara pemakaian dan perawatan yang diberikan. Hal ini terkait dengan performa motor yang tetap prima karena mendapat perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Baca Juga :  Kemeriahan, Jambore Jeep dan Rally Wisata Kota Pati

Cara pemakaian yang baik disertai dengan perawatan yang dilakukan secara berkala mampu menjaga kinerja seluruh komponennya, dan berpengaruh pada performa yang stabil dan nyaman.

Kestabilan dan kenyamanan motor ini dapat bertahan lebih lama dengan servis rutin dan lengkap yang sesuai kebutuhan

Harga Jual Kembali Lebih Tinggi

Berkaitan dengan berbagai keuntungan servis rutin di atas, satu lagi keuntungan yang tidak kalah menarik, yaitu harga jual kembali motor relatif lebih tinggi.

Apalagi jika dibandingkan dengan motor yang jarang atau bahkan tidak mendapat perawatan.

Baca Juga :  Hanya ‘Wanita Paling Hard-Core’ Meninggalkan Jalan untuk Rebelle Rally

Selisih harga jual kembali antara motor yang rutin mendapat perawatan dengan yang jarang dirawat bisa mencapai pada rentang yang cukup jauh. Harga jual kembali ini biasanya disesuaikan dengan performa kendaraan serta tampilannya.

Motor yang rutin mendapat perawatan cenderung memiliki tampilan yang lebih kinclong, performanya pun tetap nyaman dan stabil. Hal ini membuat motor ini dapat dijual kembali dengan harga yang relatif lebih tinggi.(*)

Pos terkait