Inilah, hukumnya berhubungan badan di malam takbir idul fitri

  • Whatsapp
hukumnya berhubungan badan di malam takbir idul fitri

fokusmuria.co.id, lifestyle – menejlan idul fitri selain ucapan selamat idul fitri kali ini admin ada pertanyaan menarik dari dulur fokusmuria bagaimana hukumnya berhubungan badan di malam takbir idul fitri ???

hukum bersetubuh di hari raya idul fitri

hukum bersetubuh di hari raya idul fitri

Sedangkan mengenai hukum jimak/bersetubuh pada dua malam hari raya, baik hari raya idul fitri maupun idul adha tidak ada dalil secara jelas di dalam Al-Qur’an dan hadis yang melarang untuk melakukan jimak kepada dua malam tersebut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Bacaan Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha

dilangsir dari tebuirneg.online, sebagaimana terdapat di dalam kitab Qurrah al-Uyun halaman 66 bahwa Syaikh Ibnu Yamun menjelaskan dengan bait-bait nadhomnya tentang hukum dan dampaknya melakukan jima pada kedua malam tersebut. Sebagai berikut penjelasan nadzamnya;

وليلة الأضحى على المشهور # كالليلة الأولى من المشهور

وضف إليها نصف كل شهر # وآخر الليالي منه فآدر

أخبر رحمه الله أن الجماع يمنع في هذه الليالي الأربعة : ليلة عيد الأضحى لما قيل من أن الجماع فيها يوجب كون الولد سفاكا للدماء . والليلة الأولى من أول كل شهر . وليلة النصف من كل شهر . والليلة الأخيرة من كل شهر لقوله عليه الصلاة والسلام لا تجامع رأس ليلة الشهر وفي النصف

Baca Juga :  Download Lagu Selamat Hari Lebaran Gigi

Redaksi di atas menjelaskan bahwa terdapat empat malam yang tidak diperbolehkan untuk melakukan jima, yaitu malam hari raya kurban, malam pertama pada setiap bulan, malam pertengahan pada setiap bulan, dan malam terakhir pada setiap bulan.

Lebih dari itu, menurut ulama ada penyebab/alasan tidak diperbolehkan jimak pada malam tersebut. Yang pertama. karena akan mengakibatkan anak bertwatak jelek yang senang membunuh. Kedua, Setan akan ikut melakukan jimak pada malam-malam itu. Ketiga, anak yang terlahir akan mudah terkena penyakit kusta atau dapat mengakibatkan gila. Namun, larangan tersebut hanya sebatas makruh tidak sampai pada keharaman seperti melakukan jimak ketika istri sedang haid atau nifas.

Baca Juga :  Bacaan Teks Takbiran Idul Fitri 2020 Lengkap

Dengan demikian, bahwa tidak ada satupun dalil baik dari Al-Qur’an maupun hadis yang menyatakan keharaman jimak pada malam hari raya. Akan tetapi terdapat pendapat ulama kemakruhan jimak pada malam tersebut karena ada beberapa alasan-alasan yang telah disebutkan tadi. Selain itu juga, sebaiknya tidak melakukan jimak pada malam tersebut sebagai kehati-hatian. Wallahu ‘alam bisshowab

Sekian jawaban dari tim redaksi kami. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik sehingga menambah keilmuan kita serta mengamalkannya.

Pos terkait