Handphone Masa Depan Bisa Baca Suasana Hati Penggunanya

oleh

MargoyosoUpdate.com – Bayangkan jika smartphone bisa merasakan suasana hati penggunanya. Saat stress ponsel akan menganjurkan Anda untuk liburan, saat mengantuk ponsel menganjurkan Anda mampir di cafe untuk minum kopi.
Ya, smartphone masa depan nantinya bisa membaca suasana emosi Anda. Para peneliti di University of Rochester telah mengembangkan sebuah algoritma yang dapat mendeteksi emosi manusia melalui suara, bahkan tanpa perlu menganalisis kata-kata yang diucapkan.
Untuk membuat program komputernya, tim di University of Rochester mengidentifikasi rekaman suara pembicara seperti nada bicara dan volume suara, lalu menggunakannya untuk mengklasifikasi potongan suara pendek tersebut sebagai ekspresi dari enam emosi ini: mulai dari marah, sedih, jijik, takut, senang, dan netral.
Software tersebut nantinya akan menghubungkan karakteristik suara tertentu dengan emosi positif dan negatif, lalu menghasilkan algoritma yang dapat mengidentifikasi emosi manusia. Seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (7/12/2012) software ini diklaim memiliki tingkat akurasi hingga 80,5 persen.
Salah satu peneliti dari mahasiswa pascarsarjana University of Rochester, Na Yang, bahkan telah mengembangkan aplikasi untuk smartphone Windows Phone bernama “Listen-n-Feel”. Aplikasi ini berfungsi sebagai “sensor emosi mobile” dan memungkinkan ponsel untuk mendeteksi perasaan penggunanya, lalu menampilkan wajah tersenyum atau cemberut, tergantung dari nada suara penggunanya.
“Kami benar-benar menggunakan rekaman suara, tidak peduli apa yang dikatakan namun dari bagaimana mereka mengatakan,” kata Wendi Heinzelman, Profesor di Fakultas Electrical and Computer Engineering University of Rochester.
Teknologi ini diklaim juga bisa digunakan oleh psikolog atau dokter untuk memantau pasien secara alamiah, atau mengintegrasikannya ke smartphone sehingga gadget tersebut nanti bisa memilih lagu berdasarkan emosi penggunanya. (dew)

Baca Juga :  Wow Hari Ini Mbah Google Ulang Tahun yang Ke-14

Source: Liputan6.com

No More Posts Available.

No more pages to load.