Genjot Hasil tanam Ketela Pohon dengan Farm Field Day

  • Whatsapp
Farm Field Day desa bermi

Fokusmuria.co.id – Pati Kegiatan Farm Field Day (Hari Temu Lapang) merupakan salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antar petani, peneliti, dan penyuluh untuk saling tukar menukar informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan mendapatkan umpan balik dari petani mengenai masalah dan hambatan yang dihadapi dalam berusaha tani.

Kegiatan Farm Field Day diselenggarakan di Tingkat Kecamatan oleh Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Gembong pada hari Senin, 16 September 2019 bertempat di Desa Bermi Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari Petani, Penyuluh Pertanian baik PNS,THL TBPP, dan Penyuluh Swadaya yang ada di wilayah Kecamatan Gembong.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Kronologi, Kebakaran Kapal Juwana Tadi Malam
Farm Field Day desa bermi
suasana Farm Field Day di desa bermi(16/9)

Kabid Penyuluh Dinas Pertanian Pati Didik Eka menyampaikan “Ketela ini merupakan produk yang tidak diatur oleh pemerintah, jadi tergantung kondisi pasar. Untuk ketela lokal Pati atau yang biasa disebut daplang, ini digunakan untuk tapioka,” (16/9/2019)

Menurutnya, petani di wilayah pati juga disarankan tidak hanya menanam ketela saja. Akan tetapi bisa juga ditanami tanaman tumpang sari yang tidak menganggu komoditas ketela.

Baca Juga :  Korban Curanmor di Kudus Bernadzar Bagi 500 Lentog

“Seperti menanam jagung. Jadi, ketika ketela belum panen, tetapi ada jagung yang sudah bisa dipanen terlebih dahulu. Ini adalah salah satu sisi kemanfaatan tumpang sari,” pungkasnya.

Pos terkait