Begini,Cara Bikin Ketupat Lebaran Enak Anti Gagal !

  • Whatsapp
cara bikin ketupat lebaran

fokusmuria.co.id, lifestyle Cara Biki Ketupat Lebaran begitu di cari mendekapat Hari Raya Idul Fitri 2020.

Ketupat lebaran, meskipun nampak simpel, rupanya mempunyai proses pengerjaan yang cukup sulit.

Bacaan Lainnya

Untuk bikin ketupat yang prima, dibutuhkan kecermatan serta ketelatenan seorang dalam memasak serta menyiapkan bahan.

Kekeliruan dalam mengitung ukuran bahan atau beberapa langkah membuatnya bisa usai pada ketupat yang keras serta cepat berlendir.

Lendir yang melekat pada ketupat akan membuat menu lebaran ini cepat basi serta automatis terbuang demikian saja.

Ingin tahu bagaimanakah cara buat ketupat kebaran yang enak serta pulen?

Yuk, baca langsung triknya berikut ini!

Cara Menganyam Ketupat Lebaran

cara membuat ketupat lebaran
  1. Siapkan daun kelapa yang masih muda atau janur sebanyak yang dibutuhkan. Daun yang masih muda dan segar tidak mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. Jadi ketupat yang dihasilkan akan lebih enak, empuk, dan tahan lama.
  2. Gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
  3. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun, kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
  4. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun, janur harus tetap dalam posisi tergulung.
  5. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
  6. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti mengayam.
  7. Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
  8. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.
Baca Juga :  Jadwal Imsakiyah Rembang 2020
Cara Menganyam Ketupat Lebaran dari janur anti gagal

Cara Memasak Ketupat Lebaran

Bahan ketupat

Dua hal penting dalam membuat ketupat ialah penyeleksian beras serta kulit ketupat yang bagus. Untuk beras, pilih beras pulen seperti tipe rojolele, pandan wangi, atau mentik istimewa. Rendam beras di air dingin semasa 1 jam. Jika senang, Anda dapat memberikan tambahan sedikit air kapur sirih supaya ketupat sedikit kenyal. Keringkan sampai kering.

Untuk kulit ketupat, penting pilih yang ukurannya sama supaya ketupat masak bertepatan. Tekankan anyaman janur pada kulit ketupat cukup rapat untuk meredam beras supaya tidak keluar.

Isi serta memasak ketupat

Jangan terlalu banyak menaruh beras sebagai isian ketupat. Isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulit. Selanjutnya susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar.

Baca Juga :  Link Download Twibbon Nuzulul Quran 2021 Gratis!

Tuangi air panas hingga seluruh air merendam ketupat, lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya. Selain teknik merebus biasa, Anda bisa bikin ketupat super cepat dengan panci bertekanan (pressure cooker). Cara ini memungkinkan ketupat matang dalam waktu 30 menit saja.

Menyiram ketupat dengan air dingin

Ada trick gampang untuk jaga ketupat tidak cepat basi serta berair. Selesai ketupat masak prima, selekasnya angkat serta siram air dingin. Proses ini bersihkan lendir dari janur yang melekat pada ketupat yang sudah masak. Sekaligus juga hilangkan kotoran pada tersisa air rebusan ketupat.

Meniriskan ketupat

Kunci penting yang lain waktu membuat ketupat ialah meniriskannya sampai betul-betul kering. Karena itu penting untuk meletakkan ketupat di atas wadah bercelah seperti tampah yang dapat menyalurkan sisa-sisa rebusan air. Langkah ini sangat mungkin ketupat makin awet serta bertahan lama.

Menggantung ketupat

Cara paling baik dalam simpan ketupat dengan menggantungnya. Menggantung kelompok ketupat dalam tempat yang berangin serta terbuka. Langkah ini dapat juga membuat sisa-sisa air dari rebusan ketupat cepat hilang.

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang enak dengan Presto

Setelah beras selesai dimasukan, ketupat siap untuk dimasak. Perlu diketahui, ketupat harus dimasak dengan panas yang merata serta stabil, maka kita dapat menggunakan presto sebagai alternatif selain panci.

Baca Juga :  Awal Ramadhan 2020,1 Pasien Covid-19 Pati Sembuh

Caranya, rendam ketupat dalam panci presto dengan air yang tidak terlalu penuh agar tidak meluap. Nyalakan kompor dengan api besar dan masak hingga panci presto berbunyi kira-kira selama 10 menit. Kemudian kecilkan api dan lanjutkan masak hingga 45 menit.

Tips Resep Bikin Ketupat Lebaran dari Janur Yang Enak

  • Untuk bikin ketupat, dianjurkan memakai tipe beras yang bermutu bagus untuk membuahkan struktur lembut serta kepadatan yang prima.
  • Arah ketupat yang telah masak dan digantung untuk kurangi muatan air yang ada di ketupat. Dengan demikian, ketupat Lebaran yang kita bikin bisa menjadi tidak gampang lembek serta basi.
  • Tekankan membersihkan beras sampai betul-betul bersih supaya kita dapat memperoleh hasil yang memberi kepuasan.
  • Kecuali alternatif nasi, ketupat dapat berisi bahan isian sesuai dengan hasrat.
  • Nah bila telah usai, ada hal penting yang perlu jadi perhatian sebelum kita menganggkat ketupat dari dalam presto.

Tekankan tidak terburu-buru buka paksa panci presto yang masih tetap terkunci. Diamkan semasa 10 sampai 15 menit, supaya katup pengaman betul-betul turun.

Ini sebab, uap yang keluar dari katup presto yang masih tetap panas bisa mengakibatkan cedera bakar pada kulit kita. Itu langkah memasak ketupat dengan panci presto yang bisa Sahabat coba. Mudah-mudahan sukses!

Pos terkait