Bupati Pati bersama Ki Dakon di Pembukaan Expo Kab. Pati 1 November

oleh

Bupati Pati bersama Ki Dakon di Acara Pembukaan Expo Vokasi Kab. Pati 1 November 2012
(Pati, Margoyoso) – Kabupaten Pati, mendeklarikan diri sebagai kabupaten vokasi. Pendeklarasian itu sebagai tindak lanjut dan komitment Pemkab Pati, yang telah menandatangi Memorandum of Agreement (MoA), di Solo pada April 2012 lalu.

Pendeklarasian Kabupaten Pati sebagai kabupatenn vokasi oleh Bupati Pati Haryanto, berlangsung di lapangan Desa Sonean Kecamatan Margoyoso, Kamis pagi, 1 November 2012.

Baca Juga :  Waspadai dan Cegah DBD

Bupati Pati Haryanto mengatakan, pendeklarasian tersebut untuk menjawab tantangan dan memberikan ketrampilan kepada analk didik terutama SMK, dan membuka peluang bagi lulusan untuk mendapat pekerjaan sesuai keterampilan yang dimilikinya.

“Ini merupakan komitment Pemprov Jateng bersama Pemkab Pati, setelah Gubernur Jateng menandatangani MoA di Surakarta. Untuk menjawab tantangan masyarakat kabupaten Pati, khususnya dibidang tenaga kerja, agar trampil. Dan memberikan lapangan pekerjaan bagi lulusan SMK,” kata Bupati Pati.

Baca Juga :  Waspada! 26-29 Januari Jakarta Diprediksi Tenggelam

Bupati Pati berharap, pendeklarasian itu bukan sekedar seremonial saja, tapi hendaknya diikuti dengan pembinaan terhadap SMK-SMK yang ada secara berkelanjutan. Sehingga akan mampu mengurangi pengangguran, yang dampaknya mengurangi kemiskinan.

Ketua Panitia Pendeklarasian  Kabupaten Vokasi, H Suparno SPd MM mengatakan, kelayakan suatu daerah sebagai kabupaten vokasi, karena Kabupaten Pati telah memenuhi 16 indikator yang dipersyaratkan.

“Salah satu indikatornya, perbandingan jumlah SMK lebih banyak dari SMA. Dan di Kabupaten Pati sendiri sudah memenuhi syarat untuk dideklarasikan,” ujar Ketua Panitia.

Baca Juga :  Tayangan SuperTrap Trans TV Edisi “Toilet Umum” Langgar Etika

Selain itu, kata Suparno, tingkat penyerapan tenaga terampil lulusan SMK disejumlah perusahaan, baik yang ada di daerah sendiri, maupun diluar luar daerah yang tinggi.

Penandatangan kesepakatan pelaksanaan program antara Bupati Haryanto dan Ketua DPRD Pati Sunarwi, serta pelepasan balon ke udara, dan kunjungan ke stan-stan pameran, menandai pendeklarasian Kabupaten Pati, sebagai kabupaten vokasi.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.