Bupati dan Dandim Pati Hadiri Sedekah Laut Juwana

oleh

Seputar Pati – Juwana, Bupati Pati Haryanto SH, MM, M.Si dan Dandim 0718/Pati Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma S.sos. menghadiri upacara larung sesaji dalam rangka Ritual sedekah laut di Pantai TPI. Desa Bajomulyo Kec. Juwana Kab. Pati. (Minggu, 02/07/2017).

Hadir pula pada kegiatan tersebut Muspida, Forkopimda Kab. Pati, Muspika Kec. Juwana, Dinas Kelautan dan Perikanan dan diikuti masyarakat di sekitar pantai. 
Bupati Pati
dok Pendim Pati
Ritual sedekah laut dilaksanakan oleh kelompok Nelayan Desa Bajomulyo Kec.Juwana.acara dilaksanakan mulai dari balai Desa Bajomulyo dilanjutkan pawai nelayan, jalan kaki sambil mengarak Jolen (Sesaji) menuju Tambatan TPI. desa Bajomulyo untuk selanjutnya Jolen dibawa pakai Perahu untuk di Larung ke Laut.
Camat Juwana Teguh Widiatmiko, menyampaikan yang Intinya “upacara larung sesaji diadakan di 5 desa setiap tahun di laut pantai TPI. Bajomulyo Kecamatan Juwana. Upacara Larung Sesaji diadakan untuk mengucapkan rasa syukur dan do’a pada Allah Swt yang telah memberikan hasil laut dan keselamatan pada para nelayan. Upacara ini diikuti oleh hampir seluruh penduduk disekitar pantai. Mereka membawa sesaji berupa Tumpeng dan  2 ekor kepala kambing dan di hanyutkannya di laut selatan”, ujarnya.

Bupati Pati Drs. H. Haryanto, MM,M.Si menyampaikan yang intinya “agar ditingkatkan keamanan supaya tidak terjadi lagi kebakaran.karna di TPI. Juwana sudah dua kali terjadi kebakaran akibat keteledoran pemilik kapal”.
Bupati  menambahkan “infrastruktur yang ada di TPI Bajomulyo, ini dapat meningkatkan ekonomi bagi masyarakat khususnya warga sekitarnya. Saya berharap sarana pendukung  ini dapat meningkatkan hasil produksi serta semangat bekerja para nelayan.sampai sekarang tradisi ini tetap eksis di tengah budaya modern yang semakin menghimpit. Semoga saja kita dapat melestarikan budaya ini agar menjadi kebanggaan tersendiri untuk bangsa kita”. ujarnya. (pd)
Baca Juga :  Penemuan Mayat dalam Truk, di PG Trangkil Pati

No More Posts Available.

No more pages to load.