Bos PLN Akui Banyak Instansinya yang melakukan Korupsi

  • Whatsapp
Margoyoso Update – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengakui banyak praktik korupsi terkait jasa kelistrikan yang terjadi selama ini. Hal tersebut membuat citra PLN sangat buruk di mata masyarakat.
“Kalau terjadi korupsi nilainya bisa signifikan di procurement (pengadaan), kalau di pelayanan pelanggan itu nilainya kecil tapi banyak. Dan citranya buruk, karena banyak orang ketemu dengan PLN, itu buruk sekali,” ujar Direktur Utama PLN Nur Pamudji yang ditemui di Hotel Ambhara, Jakarta, Jumat (28/9).
Nur Pamudji menuturkan, ada dua sektor yang paling rawan dan sering terjadi tindak korupsi yakni di pengadaan barang dan pelayanan jasa untuk publik. “Peluang terjadinya korupsi di pengadaan barang dan jasa itu nilainya besar, itu dua program kita,” katanya.
Dia menambahkan, saat ini indeks korupsi Indonesia di pelayanan publik sangat tinggi dibanding negara Amerika dan Eropa. termasuk pelayanan jasa publik menyangkut hak hidup orang banyak terkait masalah kelistrikan. “Oleh karena itu kita ingin tutup peluang ini, walaupun kecil tapi tidak baik,” tegasnya.
Untuk menutup ruang potensi penyimpangan dan penyelewengan, PLN akan terbuka atas pengaduan pelanggan. PLN membuka pengaduan lewat internet dan call center. Dengan demikian, pelanggan yang ingin memasang listrik baru hanya tinggal mengisi daftar isian di website.
“Media internet sudah luas, pelanggan yang ingin mendapat sambungan ini harus jelas, berapa dia membayar. Di Jakarta lebih banyak yang minta sambungan di call center atau website dibanding ke kantor PLN. Pelanggan hanya membayar cukup lewat ATM dibanding ke kantor PLN,” lanjutnya.
Penggunaan teknologi dilakukan untuk menutup segala praktik korupsi yang mungkin terjadi melalui tatap muka. Dia tidak membantah jika karyawan PLN disebut-sebut selalu meminta biaya tambahan atas pelayanan baru.
“Secara sistem kita bangun satu cara agar tidak ada tatap muka, temu wajah antara pelanggan dan pemberi layanan.Karena kalau 2 orang ketemu itu membuka peluang adanya biaya tambahan. Kalau lewat ATM peluang itu kecil,” imbuhnya.
Baca Juga :  3 Alasan Bupati Garut Ceraikan Fani Setelah 4 Hari Menikah

Source: merdeka.com

Pos terkait