,

Hati-hati! Beginilah Cara Virus Korona Menyebar dengan Cepat

oleh
Ilustrasi Virus Korona
Ilustrasi Virus Korona (Freepik/Freepik)

FokusMuria.co.id – Kasus positif virus Korona terus bertambah setiap harinya di Indonesia, membuktikan kalau virus ini penyebarannya terus meluas meski telah ada upaya pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah.

Hingga hari ini (Senin, 16/03/2020), total korban positif Korona di Indonesia sudah menjadi 134 kasus, penambahan kasus terbesar sejauh ini di DKI Jakarta yaitu 14 kasus. Data terakhir yang kami himpun ada 8 kasus yang dinyatakan sehat dan 5 kasus meninggal dunia.

Sejak diumukan beberapa waktu yang lalu, hingga kini terus terjadi pengingkatan kasus positif Korona yang signifikan. Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab terbesar cepatnya penyebaran virus yang bernama resmi COVID-19 ini di Indonesia?

Baca Juga :  Ganjar Minta,Jamaah Tabligh Gowa Jujur

Berdasarkan penjelasan para dokter dan pakar, virus Korona dapat menyebar dengan cepat karena banyak orang yang sudah terjangkit virus ini tidak menyadari kalau mereka sedang menjadi pembawa virus, hal ini karena gejala awal Korona mirip dengan flu biasa.

Menurut para dokter, Virus ini bisa sembuh dengan sendirinya ketika si penderita memiliki sistem imun yang kuat, namun celakanya hal ini tidak berlaku bagi orang yang sistem imunnya rendah. Resiko pada lansia dan orang yang memiliki riwayat penyakit jauh lebih tinggi.

Baca Juga :  Update Covid 19 Pati,3 PDP tunggu swab test

Virus Korona bisa menyebar dengan mudah karena orang yang terkena virus ini merasa diri mereka baik-baik saja dan terus melakukan interaksi dengan orang disekitarnya, teman, keluarga, hingga orangtua.

Virus ini tidak akan terdeteksi sampai ada orang dilingkungan pembawa virus Korona tersebut yang mengalami kondisi yang mengharuskan mereka untuk segera dirujuk ke pusat layanan kesehatan, disaat inilah baru dideteksi sebuah kasus Korona.

Saat kasus tersebut dideteksi positif, maka petugas berwenang baru akan bergerak untuk melakukan pelacakan sumber pertama virus dan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka, namun malangnya selama proses ini akan lebih banyak orang yang berkemungkinan terpapar virus ini.

Baca Juga :  Warga Rembang positif Covid-19, Akhirnya Sembuh dan Boleh Pulang

Demikianlah cara virus yang menyerang sistem pernafasan ini menyebar dari satu ke banyak orang dengan cepat dan tanpa disadari, gejalanya yang sulit untuk segera dideteksi membuat potensi penyebaran virus Korona menjadi lebih luas.

Namun ada cara yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja untuk mencegah penyebaran virus ini, caranya adalah dengan melakukan Self Distance atau Self Isolation, yaitu menjaga jarak dan mengisolasi diri sendiri. Segera datang ke pusat pelayanan kesehatan terdekat jika merasa mulai demam.

No More Posts Available.

No more pages to load.