Inilah, Arti Ramadan Kareem dan Ramadhan Mubarok

  • Whatsapp
arti ramadan kareem

fokusmuria.co.id, lifestyle – Ucapan Kata Ramadan Kareem sering kita dengar sejak awal ramadhan 2020 maupun ucapan ramadan kareem 2019 kemari. apa sih arti kata dari ramadan kareem ? serta merbedaannya dengan Ramadhan Mubarok ?

Apa Arti Ramadan Kareem dalam bahasa Arab

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin ditanya:

Bacaan Lainnya

سئل العلامة ابن عثيمين رحمه الله: ️عن حكم كلمة: رمضان كريم ؟‏

Mengenai hukum kalimat “Ramadhan Karim”?

Beliau menjawab:

حكم ذلك أن هذه الكلمة: (رمضان كريم) غير صحيحة،
وإنما يقال: (رمضان مبارك)، وما أشبه ذلك،
️لأن رمضان ليس هو الذي يعطي حتى يكون كريماً، وإنما الله تعالى هو الذي وضع فيه الفضل .

“Hukumnya adalah bawah kalimat ini “Ramadhan Karim” (terjemahnya: Ramadhan itu pemurah) adalah tidak benar. Yang benar adalah “Ramadhan Mubarak” (Ramadhan yang diberkahi) atau yang semisal, karena bukan Ramadhan yang memberi sehingga disebut pemurah, akan tetapi Allah Ta’ala yang memberikan keutamaan ini.” [Majmu’ Fatawa Syaikh Al-‘Ustaimin 20/254)

Perbedaan Ramadan Mubarok dan Kata Ramadan Kareem

Ramadan Mubarak secara literal bermakna “Selamat Ramadan” atau “Selamat Ramadhan “. Dalam bahasa Indonesia, perkataan ini seringkali di ucapka selama bulan puasa “Selamat menjalankan beribadah puasa “.

Selain itu, Ramadan Kareem 2019 punyai makna “Mudah-mudahan Ramadhan memberi kebaikan padamu “. Dapat disaksikan di sini jika perkataan ini berisi doa pada orang yang akan jalani puasa di bulan Ramadhan.

arti ramadan kareem

Tetapi, menurut Sheikh Al-Uthaymeen dari Arab Saudi, kalimat “Ramadan Mubarak”-lah yang semestinya disampaikan. Pada Ekspress, dia menjelaskan jika kalimat “Ramadan Kareem” kurang pas disampaikan sebab kebaikan tidak diberi oleh Ramadhan, tetapi oleh Allah SWT.

Lepas dari ketidaksamaan arti di atas, ke-2 kalimat mempunyai arti serta pesan yang sama bagusnya.

Dalam beberapa waktu ke depan ucapan-ucapan baik ini selalu mengalir dari semua seluruh dunia. Meskipun dunia sedang dirundung kecemasan, mudah-mudahan Ramadhan dapat memberi kebaikan.

Pos terkait