Air Sungai Asin, Bibit Padi di Pati Terancam Mati

oleh

 Margoyoso Update – Akibat kemarau panjang, air Sungai Juwana yang mengairi lahan persawahan petani di Pati menjadi asin.
Akibatnya, bibit tanaman padi yang telah disebar petani mati. Musim kemarau panjang yang melanda Pati betul-betul membuat petani kelimpungan. Pasalnya, selain waduk kering air Sungai Juwana yang selama ini mengairi sawah petani airnya asin. Akibat asinnya air Sungai Juwana, bibit padi milik petani di Desa Kosekan, Kecamatan Gabus Pati mati. Padahal rencananya bibit padi tersebut akan ditanam pada musim tanam satu bulan Oktober mendatang.
Salah satu petani, Munawar mengatakan akibat kekeringan dan asinnya air Sungai Juwana bibit padi miliknya mati. Ia terpaksa mencabuti bibit padi tersebut karena tak dapat digunakan lagi. Untuk tahun ini saja, petani sudah mengalami kegagalan panen akibat serangan tikus. Kali ini petani kembali gagal panen karena musim kemarau yang membuat air Sungai Juwana tidak dapat difungsikan mengairi sawah petani karena asin. Petani berharap pemerintah segera menggelontorkan air Waduk Kedungombo sehingga petani dapat menggarap sawahnya. (Hasanuddin – Pati)

Baca Juga :  Nata De Cassava, Inovasi Nata Dari Ketela

No More Posts Available.

No more pages to load.