5 Tips Sukses Work from Home ditengah Wabah Virus Korona

  • Whatsapp
Ibu Bekerja dari Rumah Sambil Merawat Anak
Ilustrasi Ibu Bekerja dari Rumah Sambil Merawat Anak (FokusMuria/Freepik)

FokusMuria.co.idWork from Home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi sebagian karyawan mungkin adalah hal yang terdengar cukup sulit, apalagi bagi para karyawan yang terbiasa bekerja di kantor bersama tim.

Namun karena pada saat ini penyebaran pandemi virus Korona (COVID-19) di Indonesia, khususnya di Ibukota sudah semakin mengkhawatirkan, mau tidak mau tentu Anda harus mengikuti arahan pemerintah untuk mulai bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah sebenarnya adalah hal yang tidak begitu sulit, hal utama yang harus Anda miliki adalah kecintaan akan pekerjaan Anda, dan keinginan yang tinggi untuk mendapatkan gaji.

5 Tips Sukses Work from Home yang Harus Anda Ketahui

Kedua hal tersebut diatas harus Anda miliki, jika tidak maka Anda akan kesulitan untuk fokus bekerja dari rumah. Bagi Anda yang sudah siap untuk bekerja dari rumah, berikut ini 5 Tips Sukses Work from Home yang bisa Anda ikuti.

1. Buat list kegiatan

Hal pertama yang harus Anda lakukan disaat bangun di pagi hari adalah menuliskan kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan harus ini, termasuk juga berapa jam Anda akan bekerja.

Berbeda dengan hari libur biasa, Anda harus menyesuaikan daftar kegiatan Anda dirumah dengan waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.

2. Selesaikan pekerjaan rumah

Setelah Anda selesai membuat list, lakukanlah terlebih dahulu pekerjaan rumah apa yang bisa Anda lakukan pagi ini, misalnya mencuci pakaian, mengepel lantai, membuat sarapan, memberi anak-anak makan, dan lain sebagainya.

Setelah pekerjaan rumah Anda selesai, benahilah diri Anda agar nyaman bekerja, mulai dari sarapan pagi hingga mandi agar Anda merasa lebih segar saat bekerja.

3. Siapkan meja kerja

Meskipun Anda akan bekerja dari rumah, bukan berarti Anda tidak butuh persiapan, taruh semua file dan dokumen yang Anda butuhkan untuk bekerja, nyalakan juga PC atau laptop Anda jika dibutuhkan.

Jika Anda tidak punya meja kerja khusus di rumah, carilah sudut atau posisi bekerja yang akan membuat Anda nyaman, jangan bekerja diatas kasur pada pagi hari, itu akan membuat Anda merasa malas, sofa ruang tamu adalah pilihan yang bagus.

4. Cek media sosial

Cek smartphone dan semua akun media sosial anda, namun prioritaskan dulu untuk mengecek group kantor atau tim Anda, mungkin saja ada arahan baru pagi ini.

Taruh ponsel selalu didekat Anda, ketika bekerja dari rumah kemungkinan akan lebih sering diadakan video conference atau video call, jangan sampai Anda melewatkan pengarahan dari atasan.

5. Siapkan cemilan dan mulai bekerja

Agar Anda tidak bolak balik ke dapur atau warung pada saat bekerja, siapakan dulu cemilan dan minuman disekitar tempat Anda bekerja, Anda mungkin bisa menyiapakan kopi agar lebih semangat untuk bekerja.

Carilah posisi duduk yang membuat Anda nyaman, mintalah orang-orang disekitar Anda, seperti Anak dan anggota keluarga lain itu tidak mengganggu Anda selama bekerja, lakukan hal tersebut agar Anda lebih maksimal saat melakukan pekerjaan dari rumah.

Work from Home atau bekerja dari rumah bukanlah sebuah halangan apabila Anda tau tips dan benefitnya, dengan bekerja dari rumah justru Anda akan merasa lebih nyaman karena bisa selalu dekat dengan orang-orang tersayang ditengah ancaman wabah virus Korona.

Selamat bekerja, jangan lupa tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga.

Pos terkait