5 Makanan Khas Kudus, Wajib dicoba saat berkunjung

  • Whatsapp

fokusmuria.co.id, KUDUS – Kota Kudus merupakan salah satu kota yang ada Pantura di Jawa Tengah, yaitu dekat Pati Demak, Jepara. kota kudus menyimpan sejarah wisata religi yang cukup terkenal seperti menara kudus, selain itu juga juga memiliki makanan khas.

Berikut ini merupakan makanan khas kudus yang wajib dicoba ketika berkunjung di Kota Kudus.

Bacaan Lainnya

Soto Khas Kudus

Soto Kudus adalah makanan khas Kudus. Soto Kudus memiliki berbedaan dengan soto lainnya. Soto Kudus menggunakan daging kerbau. Kuahnya lebih bening. Dalam penyajiannya soto Kudus memiliki tradisi dihidangkan dalam bentuk mangkuk.

Selain untuk menikmati Soto Kudus dengan daging kerbau, pengunjung bisa menikmati soto Kudus dengan suwiran ayam dan taoge.

Untuk menikmati Soto Kudus bisa datang ke Taman Bojana di Jl. Simpang Tujuh, Barongan, Demangan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus.

soto kudus. Dok.www.gotravelly.com/

RESEP SOTO KUDUS YANG PRAKTIS DAN SEDAP MANTAP

Lentog Tanjung

Makanan selanjutnya, adalah makanan lentog Tanjung. Makanan ini juga menjadikan makanan khas Kudus. Lentog Tanjung sendiri makanan yang terdiri dari lontong yang dipotong kecil-kecil. Kemudian dicampur dengan sayur gori atau nangka muda, dan tahu tempe.

Lentog Tanjung di Kudus bisa dijumpai di Jalan Tanjung Karang turut Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Resep Lentog Tanjung Kudus

Gethuk nyimut Kajar Kudus

Gethuk nyimut ini tidak jauh berbeda dengan gethuk pada umumnnya. Gethuk nyimut ini berbahan dasar singkong. Gethuk ini berasal dari singkong yang direbus kemudian dihaluskan.

Setelah dihaluskan, bahan singkong itu tadi dibentuk bulatan-bulatan kecil. Didalamnya diisi dengan gula untuk memberikan penguat rasa nikmat dan enak.

Untuk menikmati gethuk nyimut, bisa langsung datang di wilayah Kecamatan Colo Kudus. Di sana sejumlah warung di pinggir jalan terdapat gethuk khas Kudus itu.

Nasi Pecel Pakis Colo

Bila kalian sedang berdas di Kudus tepat nya di pedesaan Colo, makanan satu ini khas Kudus yang bernama Pecel Pakis ini boleh kalian cicipi juga. Sesuai dengan namanya, pecel pakis sendiri adalah masakan yang terbuat dari tanaman pakis yang tumbuh subur di lereng gunung muria. Dalam pengolahannya tanaman pakis diambil daunnya sertadilengkapi dengan bahan pendukung lainnya seperti kacang panjang yang dipotong dan tauge.

Hasil gambar untuk pecel pakis colo
DOk. wikipedia.com

Garang Asem

Garang asem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah,salah satunya di Kudus. Garang asem adalah masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas.

Garang asem ini bisa ditemui di Rumah Makan Garang Asem Sari Rasa yang terletak di Jalan AKBP Agil Kusumadya Kudus.

garang asem kudus
resepkoki.id

RESEP DAN CARA MEMASAK GARANG ASEM AYAM.. KHAS JAWA TENGAH

Pos terkait