5 Kota menikmati fenomena hari tanpa bayangan di Jateng

  • Whatsapp
fenomena jepara kota tanpa bayangan

fokusmuria.co.id, Semarang – Fenomena alam Hari Tanpa Bayangan tahun 2019 akan dapat dirasakan juga oleh warga di kawasan muria raya. Pada waktu tersebut, jika Anda berdiri di luar rumah di bawah terik matahari langsung maka bayangan Anda seolah hilang sama sekali. Fenomena ini disebut Kulminasi atau transit atau istiwa’.

Di kawasan muria raya akan diawali oleh Jepara yang akan menikmati pada 10 Oktober (ahri ini), Sedangkan Pati, Kudus, Rembang, Blora, Purwodadi, Demak pada 11 Oktober (besuk).
Drs. Purwinardi, pembimbing olimpiade astronomi SMAN 1 Jakenan menyebut bahwa fenomena kulminasi terjadi dimana pada saat itu matahari berada pada titik kulminasi.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Heboh Mantan TKW Hongkong 3 Kali Ganti Suami Karena tidak Kuat melayani

Menurut beliau yang di langsir dari wartaphoto.net “Artinya matahari tepat diatas titik tersebut atau tepat di atas kita sehingga tidak ada bayangan kita sama sekali. Hal ini berlangsung beberapa saat saja,”

Drs . Purwinardi, pembimbing olimpiade astronomi SMAN 1 Jakenan
Mengenai pengaruhnya terhadap kesehatan, salah satu guru senior tersebut menyebut bahwa tidak ada efeknya. “Secara langsung tidak ada efeknya mas, paling ya pada waktu kulminasi terjadi, objek menjadi tidak ada bayangannya. Biasanya bagi mereka yang hobi foto akan menggunakan kesempatan untuk mengabadikan momen langka tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :  Update Covid 19 Pati,Sisa ODP 94 Orang

Secara teori, Drs Purwinardi menerangkan bahwa hal ini terjadi sebagai dampak pergeseran semu matahari tahunan yang saat ini berada disekitar khatulistiwa. “Ini juga yang merupakan penyebab suhu yang sangat tinggi di sekitar khatulistiwa, sebagaimana yang kita rasakan akhir-akhir ini,” imbuhnya,

Jepara Kota Pertama Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Rilis BKMG dalam laman resminya merinci jam prakiraan fenomena kulminasi ini terjadi, termasuk di pantura timur jawa tengah.

Di Jepara, matahari akan berada persis di atas kepala manusia pukul 11:24.29 WIB pada tanggal 10 Oktober.

Berikut ini daftar prakiraan waktu lainnya di beberapa kota di kawasan Muria Raya

Baca Juga :  Detik Detik Toko Komputer di Kudus di Maling

Pati

pada pukul 11.22.43 WIB

Kudus

pada 11.23.13 WIB

Rembang

pada 11.21.29 WIB

Demak

pada 11.24.20 WIB

Purwodadi

pada 11.23.13 WIB

Semarang

pada 11.25.06 WIB

Selain wilayah tersebut, total ada 15 daerah di Jawa Tengah akan dapat menikmati fenomena hari tanpa bayangan. Berikut daftar Lengkapnya Jadwal Kulminasi

BMKG menyebut bahwa fenomena ini juga terjadi karena adanya bidang ekuator bumi dan bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika bidang revolusi bumi.

Hal seperti ini disebut sebagai gerak semu harian matahari, yaitu posisi matahari dari bumi akan terlihat berubah terus sepanjang tahun antara 23,50 LU sampai dengan 23,50 LS.

Pos terkait