5 Hal Penyebab Bayi Menangis

  • Whatsapp
penyebab bayi menangis
pixabay.com

Menjadi ibu yang baru saja memiliki buah hati terkadang sulit mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab bayi menangis. Meski seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa memahami pola perilaku sang bayi.

Tangisan bayi sebenarnya merupakan bentuk komunikasi mereka kepada orang-orang di sekitarnya. Untuk bisa memenuhi keinginannya bayi akan mengungkapkannya dengan menangis. Sering menangis sama sekali bukanlah perilaku manja bayi, tapi ada beberapa hal yang membuat mereka menangis. Kelima hal tersebut diantaranya :

1. Merasa haus ataupun lapar.

Biasanya setelah 2 atau 3 jam bayi minum susu ibunya mereka akan merasakan lapar lagi dan mulai menangis. Apalagi jika bayi baru lahir di bulan pertama, pada bulan-bulan tersebut mereka akan sering menangis karena haus atau lapar.

Bayi yang lapar juga ditandai dengan membuka mulutnya dan berusaha mencari puting susu ibunya ataupun benda lain yang dapat dihisap. Hal inilah yang akan memudahkan ibu dalam membedakan tangisannya karena lapar ataupun hal lainnya.

2. Buang air kecil ataupun besar

Bayi sering merasa tidak nyaman dengan kotoran mereka sendiri. Rasa basah dan lembab juga sering mengganggu mereka, apalagi jika dibiarkan terlalu lama.

Untuk itulah sebaiknya para ibu sering mengecek popok bayi agar tangisan bisa diminimalisir. Membiarkan bayi terlalu lama memakai popok yang basah ataupun kotor bisa menyebabkan kulit bayi iritasi.

3. Bayi merasa mengantuk

Penyebab bayi menangis lainnya yang paling umum adalah karena mengantuk. Saat menjelang waktu tidur, biasanya mereka cenderung rewel.

Selain rewel mereka juga sering menguap dan menggosok-gosok mata maupun telinga. Agar si kecil mudah tertidur, pastikan suasana ruangan nyaman dan jauh dari kebisingan.

4.Merasa sakit ataupun gatal

Jika bayi sedang sakit ataupun merasa gatal mereka biasanya sering rewel. Hal itu karena keadaan badan yang tidak nyaman. Begitu juga bila ada anggota badan yang tiba-tiba sakit ataupun gatal, semisal digigit semut ataupun nyamuk, mereka akan tiba-tiba menangis karena merasa sakit maupun gatal

5. Merasa bosan dan tidak nyaman

Sama seperti orang dewasa bayi juga bisa merasakan bosan dan perasaan tidak nyaman maupun terancam. Rasa tidak nyaman bayi bisa muncul karena kebisingan, tidak nyaman dengan bahan pakaian mereka, maupun merasa kedinginan atau kepanasaan.

Jika bayi merasa bosan sebaiknya ajak mereka bermain, berbicara ataupun menghibur bayi sesuai dengan fase pertumbuhannya.

Demikian tadi 5 hal yang biasanya menjadi penyebab bayi menangis. Jika tangisan tak kunjung reda dan ibu belum juga menemukan penyebab bayi menangis, ada baiknya untuk segera dikonsultasikan dengan dokter anak.

Pastikan juga untuk selalu tenang dan sabar ketika mendengar bayi menangis, karena rasa khawatir  orangtua akan mempengaruhi bayi. Akibatnya bayi juga akan ikut semakin cemas dan rewel.

Pos terkait