5 Gejala Depresi yang Patut diwaspadai

  • Whatsapp
gejala depresi
pixabay.com

Tanpa disadari terkadang gejala depresi sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang berkaitan dengan suasana hati yang buruk serta berlangsung lama

Untuk membedakan kesedihan biasa yang kamu rasakan dengan depresi, berikut ini lima gejala depresi yang umumnya ada pada penderita yang terindikasi mengalami depresi.

Bacaan Lainnya

1. Kehilangan minat

Seorang yang terkena depresi cenderung kehilangan minatnya dalam menjalani hidup. Bisa jadi penderita juga kehilangan minat pada hobi atau segala hal yang biasanya mereka sukai. Rasa semangat dalam menjalani aktifitas menurun drastis. Biasanya murung dan sedih berlarut-larut tanpa mau bangkit untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi.

2. Memiliki kecenderungan untuk bunuh diri

Seorang penderita depresi biasanya memiliki hasrat untuk melukai dirinya sendiri. Hal itu bisa dilakukan dengan sadar karena menganggap kematian bisa menyelesaikan segala problemnya. Tak jarang percobaan bunuh diri dilakukan, dari sekadar melakukan tindakan kecil yang berbahaya hingga perbuatan ekstrem yang benar-benar mengancam keselamatan jiwa.

3. Kehilangan harapan

Penderita depresi merasa hidupnya tak berdaya dan tak memiliki harapan lagi. Rasa benci kepada diri sendiri hingga rasa rendah diri kerap menghantui para penderita. Perasaan seperti merasa tak berguna dan menyalahkan diri sendiri juga sering menghinggapi mereka.

4. Mengalami gangguan tidur

Gejala yang umum terjadi pada penderita depresi adalah gangguan tidur. Biasanya berupa insomnia ataupun tidur berlebih. Selain itu gejala ini juga diiringi penurunan berat badan dan perubahan nafsu makan. Jika kamu akhir-akhir ini memiliki banyak masalah serta kerap mengalami insomnia yang akut, kamu patut mewaspadainya sebagai awal gejala depresi.

5. Emosi yang tidak stabil dan gangguan kecemasan

Penderita depresi pada umumnya memiliki emosi yang naik turun. Kadang emosi meledak-ledak, kadang sedih sekali hingga menangis. Mereka cenderung merasa hidup tidak tenang. Selalu cemas berlebihan hingga merasa panik dan sangat takut. Mereka tak bisa berfikir jernih maupun fokus terhadap hal lainnya selain hal yang dikhawatirkan.

Demikianlah tadi lima gejala depresi yang patut diwaspadai. Jika kamu atau orang-orang di sekitarmu terindikasi mengalami beberapa gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan psikolog. Namun jika kamu memerlukan bantuan obat-obatan kimiawi, psikiater akan memberikan resep obat.

Terapkanlah selalu pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Rajin berolahraga, istirahat yang cukup serta mengelola stress dengan baik akan membantu meningkatkan kesehatan mentalmu.

Kamu juga bisa mendampingi dan memberi dukungan penderita depresi dalam proses penyembuhan mereka. Mencoba memahami kondisi mereka dan tidak selalu menyalahkan atau memandang buruk penyakit mereka juga patut untuk dilakukan.

Dukungan orang-orang tersayang merupakan salah satu faktor yang amat penting untuk bisa melewati proses pengobatan yang tidaklah singkat.

Pos terkait