4 Tips Mengatasi Anak yang Susah Makan

  • Whatsapp
tips mengatasi anak susah makan
pixabay

Orangtua seringkali dihadapkan pada anak-anak yang sulit sekali makan. Hal itu membuat para ibu pusing memikirkan solusi yang tepat. Tak jarang berbagai cara dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan tersebut. Mulai dari cara yang sederhana hingga berkonsultasi pada ahli gizi.

Sebenarnya ada beberapa solusi sederhana yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut di bawah ini akan dijelaskan 3 tips mudah untuk mengatasi anak yang susah makan.

Bacaan Lainnya

1. Mengurangi kebiasaan jajan

Hal yang membuat anak malas makan biasanya adalah karena sudah kenyang terlebih dahulu dengan jajanan yang mereka konsumsi di luar. Padahal jajanan tersebut terkadang sulit sekali dipastikan tingkat kebersihannya. Tak jarang jajanan anak jauh dari kata menyehatkan.

Ibu di rumah bisa mengakali kebiasaan buruk anak tersebut dengan membuat sendiri jajanan kesukaan anak. Aturlah agar jajanan tersebut hanya dijadikan camilan bukan makanan utama.

Ibu juga perlu mengatur porsi camilan serta jarak memakan camilan dengan makan besar.  Hal itu akan membantu anak tidak kekenyangan sebelum waktu makan tiba.

2. Membuat variasi menu dan cara penyajian

Sering berkreasi membuat menu-menu baru membuat anak tidak bosan dengan makanan rumah. Bahkan penyajian makanan yang unik, lucu dan menarik akan membuat anak semangat makan.

Misalnya saja jika anak bosan dengan nasi, ibu bisa menggantinya dengan roti. Atau mengganti tempe yang biasa anak makan dengan telur atau daging yang dibentuk dengan cetakan yang lucu.

3. Menjalin komunikasi yang baik dengan anak

Ibu di rumah sebaiknya menanyakan kepada anak apa yang membuat mereka tidak ingin makan. Selain karena bosan, kadang anak sulit makan karena merasa sedih, sakit, malas ataupun merasa makanannya tidak enak. Oleh sebab itulah berkomunikasi langsung dengan anak perlu untuk dilakukan.

Itulah tadi 3 tips sederhana dalam mengatasi anak yang susah makan. Sebagai orangtua kita perlu memahami anak dengan baik dan jangan sampai memaksakan kehendak. Pemaksaan terkadang malah membuat anak semakin sulit diatur.

Selain itu orangtua juga perlu menanamkan kebiasaan tak pemilih terhadap makanan, dengan cara memberi contoh langsung kepada putra-putrinya. Orangtua dituntut untuk menjauhi sifat konsumstif, jajan di luar, dan mencontohkan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Berikan penjelasan yang mudah diterima oleh anak, agar mereka bisa memahami pentingnya menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang seimbang.

Pos terkait