4 Minuman Khas Kudus yang Unik dan Berkhasiat

oleh
minuman khas kudus
cookpad.com

Sebagian dari kita banyak yang belum mengetahui minuman khas kudus. Minuman tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Ada empat minuman khas kota kretek  yang unik seperti wedang coro, wedang pejuh, kopi jetak dan wedang alang-alang. Minuman tersebut tidak hanya namanya saja yang unik, tapi rasanya juga enak serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Wedang Coro

Coro dalam bahasa jawa memiliki makna kecoa. Namun wedang coro sama sekali tidak dibuat  dari kecoa. Bahan-bahan wedang khas kudus ini meliputi jahe, sereh, cengkeh, gula aren, tepung beras dan juga potongan kelapa yang digoreng. Tekstur minuman ini lebih kental dari bubur dan rasanya pedas gurih serta manis.

Dengan kandungan jahe, sereh dan cengkehnya sangat cocok untuk menghangatkan badan maupun tenggorokan saat cuaca dingin melanda. Minuman ini juga pas diminum saat meriang, batuk ataupun pilek. Bahan-bahan lainnya seperti gula aren, tepung beras dan kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan.

2. Wedang Pejuh

Nama pejuh berasal dari singkatan pamelo, jahe, susu kental manis, dan sereh. Bahan-bahan tersebut dijadikan satu menjadi minuman khas yang menyehatkan. Cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Pertama – tema rebus air bersama jahe dan sereh yang sudah digeprek. Setelah mendidih tuangkan ke dalam gelas lalu masukan susu kental manis dan buliran pamelo atau jeruk bali. Minuman ini sangat pas untuk menghangatkan badan.

3. Wedang Alang-Alang

Alang-alang atau ilalang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Masyarakat kudus bahkan membuatnya menjadi sebuah minuman yang khas di kota mereka. Minuman tersebut dikenal dengan nama wedang alang-alang.

Penjual wedang alang-alang banyak ditemui di selatan museum kretek Kudus. Harganya juga sangat terjangkau. Para pembeli biasanya sudah tahu manfaat dari alang-alang. Manfaatnya antara lain untuk pembersih darah, peluruh air seni hingga penambah nafsu makan.

4. Kopi Jetak

Minuman khas kudus yang lainnya bernama kopi jetak. Kopi yang diproduksi oleh masyarakat jetak di Kudus ini mempunyai kualitas bubuk yang terjaga dan tahan lama. Hal lain yang khas dari kopi jetak adalah perubahan warnanya yang menjadi hitam setelah digoreng.

Kopi jetak cocok untuk mengawali pagi hari kamu. Manfaat kopi tidak hanya baik untuk melawan kantuk, tapi juga memberikan banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Itulah tadi empat minuman khas Kudus yang unik dan berkhasiat. Minuman khas daerah  yang patut untuk dilestarikan. Jangan lupa mencicipi racikan khas wedang-wedangnya saat singgah ke kota Kudus.

No More Posts Available.

No more pages to load.